Senin, 18 November 2019


TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb Siap Bangun Tujuh Jembatan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 84
TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb Siap Bangun Tujuh Jembatan

Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyaruddin dan Asissten III Pemkab Kapuas Hulu, menghadiri pembukaan TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb, di Desa Manua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Rabu (2/9/2019).

PUTUSSIBAU, SP - Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di wilayah Kodim 1206/Putussibau, akan membangun jalan sepanjang kurang lebih tujuh kilometer. Selain itu juga akan membuat tujuh jembatan, yang menghubungkan Dusun Karangan Bunut menuju Desa Menua Sadap.

TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb sendiri, telah dibuka melalui upacara yang berlangsung di Desa Manua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Rabu (2/9/2019). Hadir dalam kesempatan tersebut Asissten III Pemkab Kapuas Hulu, Kapolres Kapuas Hulu, Kasi Ter Korem, Kepala Dinas Pemdes, Danramil 05 Embaloh Hulu, Kapolsek Embaloh Hulu, Camat Embaloh Hulu dan beberapa Kades di Kecamatan Embaloh Hulu.

“Pelaksanaan TMMD ke-106 ini, adalah salah satu cara untuk mengentaskan ketertinggalan suatu wilayah. Kegiatan ini merupakan program TNI dan Pemerintah, dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan,” ujar Dandim 1206/, Letkol Inf Basyaruddin, yang juga menjabat Dansatgas TMMD ke-106 di wilayah Kodim 1206/Psb.

Selain itu, lanjutnya, TMMD ke-106 juga sebagai upaya untuk terus merawat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan masyarakat.

Sementara dalam bidang pembangunan sarana dan prasarana, disesuaikan dengan aspirasi masyarakat, yang memang membutuhkan pembangunan. Terutama adalah akses transportasi, berupa jalan dan jembatan yang representatif.

“Saya berharap, adanya rehab ruas jalan melalui kegiatan TMMD, bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Yang terpenting adalah, seluruh masyarakat Desa Manua Sadap harus menjaga dengan baik jalan yang telah direhab tersebut," paparnya.

Letkol Inf Basyarudin menjelaskan, selama ini dukungan masyarakat sangat luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa terbantu dengan perehaban ruas jalan dari Dusun Karangan Bunut menuju Desa Menua Sadap.

“Untuk itu, mari terus kita upayakan sinergisitas dan kemanunggalan ini, agar apa yang kita tujukan bisa terlaksana dengan baik,” tutur Dandim.

Pemkab Kapuas Hulu sendiri, sangat mengapresiasi adanya pelaksanaan TMMD di Desa Manua Sadap. Menurut Asisten III Setda Kapuas Hulu, Chairul Saleh yang mewakili Bupati Kapuas Hulu, program TMMD selalu memberikan nilai positif pada masyarakat.

"Tentunya Pemkab Kapuas Hulu sangat mengapresiasi TNI. Dengan kegiatan TMMD ke-106, tentunya masyarakat Desa Menua Sadap sangat terbantu, terutama menuju akses transportasi yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Chairul, akses transportasi menuju wilayah tersebut, harus menggunakan kendaraan air, berupa speedboat atau motor air, yang melalui sungai. Maka, dengan adanya jalan dan jembatan, waktu tempuh akan lebih cepat dari sebelumnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan TMMD ke-106, seluruh Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta masyarakat bisa meningkatkan gotong-royong, membantu TNI, yang melaksanakan TMMD.

“TMMD selalu mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Semoga kedepan, TMMD di wilayah perbatasan terus berjalan demi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (*)