Senin, 14 Oktober 2019


Minim Pendanaan Jadi Kendala Pemerataan Pembangunan, Anton Harap Peran Anggota DPRD Kalbar Dapil Kapuas Hulu

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 63
Minim Pendanaan Jadi Kendala Pemerataan Pembangunan, Anton Harap Peran Anggota DPRD Kalbar Dapil Kapuas Hulu

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Pamero

PUTUSSIBAU, SP -  Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Pamero menyampaikan, minimnya anggaran selama ini menjadi kendala dalam membangun infrastruktur di daerah.

"Solusi untuk mengatasi masalah itu adalah kita memerlukan dukungan dana dari pusat," katanya.

Dijelaskan Anton, bila melihat kondisi Kapuas Hulu yang sangat luas saat ini, sementara disisi lain pendapatan daerah relatif kecil.

"Khusus untuk wilayah tertentu seperti Kecamatan Bunut Hilir dan Embaloh Hilir kesulitan yang dialami adalah karena pembiayaan yang sangat tinggi," terangnya.

Lanjutnya, hal itulah yang menjadi penyebab pembangunan infrastruktur jalan di wilayah tersebut belum bisa dilakukan secara maksimal.

"Selain pengerjaannya sangat sulit karena rawa, materialnya juga susah didapat," terangnya.

Sementara di sisi yang lain pihaknya tidak mungkin bisa terfokus membangun hanya pada infrastruktur jalan Bunut dan Embaloh, karena masih ada kecamatan kecamatan lain yang juga harus mendapatkan perhatian.

"Pembangunan tidak bisa menoton hanya dikecamatan tertentu saja," tuturnya.

Untuk melakukan pemerataan pembangunan makanya dilakukan pembangunan dengan cara merangkak dan mengedepan skala prioritas.

"Pemerintah tetap serius dalam membangun semua daerah tanpa terkecuali, " kata ANton. 

Menurut Anton,  pembangunan yang saat ini diprioritaskan pihaknya yakni pembangunan dibidang infrastruktur, karena dengan infrastruktur yang mempuni diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan minimnya sumber pendapatan daerah ini, diharapkan semua komponen penyelenggara pemerintah daerah mesti bahu-membahu berupaya agar bisa mencari solusi pembiayaan untuk membangun Kapuas Hulu," pintanya.

Diterangkan Anton, pemerintah tidak bisa tinggal diam, melainkan harus segera berupaya dalam membangun, baik melalui dana pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

"Kita harapkan semua berjuang untuk pembangunan di daerah, selain itu, peran Anggota DPRD Kapuas Hulu juga terus ditingkatkan dalam membantu memperjuangkan pembangunan di Bumi Uncak Kapuas," ungkap Anton.

Anton meyakini jika adanaya kerjasama yang baik, maka tidak ada yang sulit. Untuk itu ia mengajak semua pihak secara bersama sama dalam membangun Kapuas Hulu yang lebih baik.

"Sebagai contoh upaya kita, yakni sudah beberapa kali mengusulkan untuk infrastruktur dari Badau menuju Puring, semoga semuanya bisa berjalan baik,” harapnya. (sap)