Selasa, 15 Oktober 2019


Perkenalkan Budaya kepada Anak Sejak Dini

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 81
Perkenalkan Budaya kepada Anak Sejak Dini

FOTO BERSAMA - Lomba busana Melayu dan Tari Jepin tingkat pelajar se-Kapuas Hulu di gedung MABM Putussibau, kemarin. IST

Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan lomba busana Melayu dan Tari Jepin tingkat pelajar se-Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Majelis Adat dan Budaya Melayu (MABM) Putussibau, kemarin.

Ketua DPD PFKPM Kapuas Hulu, Hairuddin mengatakan, perlombaan ini dijadikan sebagai sarana edukasi untuk menjaga dan melestarikan budaya Melayu sejak usia dini.

Tak lupa, Hairudin menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah mendukung terlaksananya lomba tersebut.

"Lomba ini bisa terlaksana atas kerja keras dari pengurus PFKPM Kapuas Hulu, di mana persiapannya sudah dilakukan dari jauh hari sebelum pelaksanaan," ujarnya.

Hairuddin berharap, ke depan Pemda Kapuas Hulu dapat mendukung Kegiatan-kegiatan serupa, terutama dari segi anggaran, sehingga kegiatan dapat berjalan secara maksimal dan lebih meriah lagi.

Syaiful Bahri, Sekretaris DPD PFKPM Kapuas Hulu menyampaikan, dalam lomba ini pihaknya menggelar lomba busana Melayu tingkat (TK/PAUD) dan (SD/MI), dan untuk Tari Jepin tingkat (SMP/SMA).

"Peserta ini berasal dari beberapa sekolah di Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. Namun ada juga peserta SD yang berasal dari SD Kecamatan Bunut Hulu," tuturnya.

Pihaknya berharap, ke depan akan lebih banyak lagi peserta dari perwakilan berbagai kecamatan yang ada se-Kapuas Hulu, yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu, Asisten I Setda Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh menyampaikan,  lomba yang dilaksanakan ini sebagai cara menjaga dan melestarikan adat serta budaya Melayu, khususnya di Kapuas Hulu.

"Melalui kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkenalkan sejak dini budaya melayu kepada anak sejak usia dini. Selain itu juga, lomba ini dapat berdampak positif bagi pelajar yang saat ini rentan berpengaruh terhadap teknologi yang mulai tak terkontrol," ucapnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dalam upaya memperkenalkan adat serta budaya Melayu yang ada di Kapuas Hulu.

"Pemda Kapuas Hulu sangat mendukung kegiatan seperti ini. Kami juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini," tutupnya. (syapari/shella)