Rabu, 11 Desember 2019


Permohonan Peralihan Penahanan Supardi Masih Menggantung

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 101
Permohonan Peralihan Penahanan Supardi Masih Menggantung

Kasi Pidsus Kejari Kapuas Hulu, M. Manalu

PUTUSSIBAU, SP - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas Hulu belum memberikan jawaban terkait permohonan peralihan penahanan kota yang diajukan oleh Dirut PD Uncak Kapuas, Supardi.

Sebelumnya diketahui, Supardi ditahan oleh Kejari Kapuas Hulu karena diduga melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) menggunakan bunga deposito dari penyertaan modal yang diberikan Pemda Kapuas Hulu untuk pembangunan hotel.

Kasi Pidsus Kejari Kapuas Hulu, M. Manalu menyampaikan, dirinya belum membaca isi surat permohonan yang diajukan Supardi.

"Kami belum bisa memberikan jawaban apa-apa. Mungkin saat ini surat permohonannya masih di seketariat," ungkapnya, Kamis (14/11).

Dijelaskannya, pertimbangan pemberian peralihan penahanan itu merupakan kewenangan penyidik karena mereka yang lebih mengetahui perlu tidaknya diberikan peralihan penahanan tersebut.

"Jika penyidiknya menyatakan sikap memberikan izin peralihan penahanan, kita langsung keluarkan suratnya," katanya.

Menurutnya, untuk perkembangan kasus Supardi saat ini masih menunggu tahap dua pelimpahan berkas tersangka dari penyidik ke penuntut.

"Kasus ini masih terus dilakukan pengembangan," ujarnya.

Terkait jumlah keseluruhan kasus tipikor yang ditangani pihaknya pada 2019 ini, Manalu mengatakan hanya ada satu kasus, yakni kasus Supardi.

"Kita fokus selesaikan kasus ini dulu. Setelah itu baru kasus kasus lainnya. Kendala kita juga karena petugasnya hanya tiga orang," sampainya.

Pihaknya, kata dia, sangat serius dalam menangani kasus-kasus korupsi, sehingga tidak ada pandang bulu dalam proses penegakan hukum. (sap/lha)