Minggu, 08 Desember 2019


Wakili Pemerintah Kalbar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 127
Wakili Pemerintah Kalbar

PELUNCURAN - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero mewakili Pemerintah Kalbar menghadiri peluncuran nasional program Responsible and Sustainable Palm Oil in Indonesia, kemarin. IST

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, diundang khusus mewakili Pemerintah Kalbar, khususnya lagi Kabupaten Kapuas Hulu untuk menghadiri peluncuran nasional program Responsible and Sustainable Palm Oil in Indonesia, kemarin.

Menurut Anton, apa yang sudah dilakukan oleh CEO industri sawit yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, sudah cukup banyak membantu utamanya pada bidang infrastruktur desa, beasiswa, air bersih, pemetaan batas antardesa. 

”Berkenaan dengan dana yang bersumber dari dana desa, bisa dikombinasikan dengan dana CSR membangun bersama desa di sekitar operasional perusahaan industri sawit," tuturnya.

Paling tidak, kata Anton, masyarakat mengetahui informasi tersebut terlebih pemerintah desa bahwa perusahaan telah membantu melalui dana CSR dikolaborasikan dengan dana desa. 

"Saran saya ke depan, kolaborasi tersebut dilakukan lebih awal pada perencanaan pembangunan desa,” katanya

Ia menambahkan, selanjutnya dikomunikasikan mana yang dana desa dan mana dana yang dari CSR, sehingga tidak menyalahi aturan pemerintah pusat.

Kiswara Santi, Indonesia Country Coordinator ICCO mengatakan, bisnis sawit yang bertanggung jawab merupakan prasyarat bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa sawit.

"Konsorsium RESBOUND memilih bekerja bersama dengan desa, sebab desa adalah sumber penghasil pangan dan energi, termasuk penghasil sawit,” ujarnya.

Menurutnya, diperlukan kerja sama yang baik antara masyarakat, pemerintah desa, dan perusahaan yang bekerja di desa tersebut agar tercapai tujuan yang diinginkan bersama.

”Jadi, antara perusahaan dan masyarakat itu seperti simbiosis mutualisme (saling menguntungkan,” katanya. (humas/syapari/shella)