Senin, 09 Desember 2019


Pendaftar CPNS Diminta Berhati-hati Mengisi Data

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 117
Pendaftar CPNS Diminta Berhati-hati Mengisi Data

MENGECEK - BKPSDM Kapuas Hulu sedang memverifikasi adminisitrasi lamaran peserta CPNS 2019. IST

PUTUSSIBAU, SP - Erwin, Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai, di BKPSDM Kapuas Hulu, mengingatkan para pendaftar CPNS 2019 agar berhati-hati dalam mengisi data, khususnya pada pendaftaran online.

Dijelaskannya, apabila peserta telah melanjutkan ke langkah yang kedua, maka apabila terjadi kesalahan tidak bisa diulangi lagi pada tahap pertama.

”Bila kita sudah melanjutkan ke tahap selanjutnya, artinya kita dianggap sudah memasukkan data yang benar dan tidak bisa diubah lagi,” katanya, Kamis (21/11).

Untuk itu, demi menghindari kesalahan, diharapkan kehati-hatian ekstra dalam menginput data sebab dapat berdampak pada kelulusan administrasi tahap pertama.

”Sejauh ini, kami belum mendapati kendala dalam pelaksanaan pendafatran CPNS 2019 ini,” tuturnya.

Menurutnya, khusus untuk verifikasi administrasi lamaran, tidak boleh diwakilkan harus peserta itu sendiri yang mengantarkannya agar mudah dalam melakukan pengecekan data-data mereka.

"Untuk nilai kelulusan nantinya, mengacu pada Permenpan 24 Tahun 2019 tentang nilai ambang batas pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),” terangnya.

Ada tiga komponen penilaian yang harus dilalui, seperti Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Batas ambang batas nilai untuk TKP, yakni 126, TIU 80, dan TWK 65," sebutnya.

Dijelaskannya, untuk tahapan-tahapan dalam tes CPNS ini, seperti tes administrasi, Seleksi Kompetisi Dasar (SKD), dan selanjutnya mengikuti tes Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

Sementara jumlah formasi penerimaan CPNS 2019 di Kapuas Hulu sebanyak 148 orang. (sap/lha)