Sabtu, 18 Januari 2020


Nasirkan Ingatkan Realisasi Desa Mandiri

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 67
Nasirkan Ingatkan Realisasi Desa Mandiri

MEMBUKA - Nasir membuka kegiatan Pekan Raya Bumi Kasturi dan gelar Teknologi Tepat Guna (TPG) di Desa Tepuai, Kecamatan Hulu Gurung, kemarin. IST

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, membuka kegiatan Pekan Raya Bumi Kasturi dan gelar Teknologi Tepat Guna (TPG) di Desa Tepuai, Kecamatan Hulu Gurung, kemarin.

Nasir mengatakan, Gubernur Kalbar telah mengingatkan bahwa di Kalbar, baru satu desa yang menyandang status mandiri, yaitu desa di Kabupaten Kayong Utara.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kalbar menargetkan, desa mandiri se-Kalbar sebanyak 63 desa mandiri, namun bisa tercapai 87 desa mandiri.

”Di Kabupaten Kapuas Hulu, ditargetkan tiga desa mandiri, terealisasi sebanyak delapan desa mandiri,” ujarnya

Nasir menambahkan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa sangat penting. Hal ini sudah menjadi suatu keberhasilan pembangunan secara menyeluruh di Bumi Uncak Kapuas.

"Kita berharap, pada gilirannya nanti akan menghantarkan Kapuas Hulu pada kabupaten berkembang, maju, dan mandiri,” tuturnya.

Pekan Bumi Kasturi dan gelar Teknologi Tepat Guna menjadi suatu perpaduan yang menarik dan startegis dalam memupuk nilai-nilai persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

“Termasuk melestarikan nilai-nilai budaya yang menghasilkan produk berbasis unggulan dan sekaligus mempromosikan hasil kerja masyarakat," ucapnya.

Selain itu, juga ikut membantu membangun potensi wisata yang sedang dikembangkan. 

"Utamanya dalam menggali dan menyebarluaskan informasi berbagai jenis teknologi tepat guna dan produk unggulan di Kapuas Hulu,” katanya.

Melalui hal ini pula, diharapkan untuk mendorong inovasi dan kreativitas, serta dalam bersaing dengan pihak mana pun. 

Juga sebagai pendekatan yang ampuh dalam mendorong percepatan kemandirian masyarakat desa, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produk di tingkat desa. (humas/syapari/shella)