Kamis, 14 November 2019


Masdar: Alhamdulillah, Dana Desa Tahun 2017 di KKU Meningkat

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1159
Masdar: Alhamdulillah, Dana Desa Tahun 2017 di KKU Meningkat

Ilustrasi

SUKADANA, SP – Pemkab Kayong Utara (KKU) akan mendapatkan Rp 88 miliar dalam pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) untuk  43 desa. Realisasi anggaran ini lebih besar dari tahun sebelumnya, yang hanya sekitar Rp 81 Miliar.
Dana bersumber dari Pemerintah Pusat, Pemda serta Dana Bagi Hasil Pajak dan Restribusi.
 
“Alhamdulillah, berdasarkan Surat Kepala Dinas PPKAD, Nomor 900/348/DPPKAD-D tanggal, 28 November 2016.. Dana Desa dari Pempus mengalami peningkatan sejak tiga tahun terakhir. Kita sangat bersyukur, sehingga bisa meningkatkan pembangunan di desa,” kata Sekretaris BPMPDPKB KKU, Masdar kepada Suara Pemred. 

Menurut Masdar, peningkatan  DD yang masuk ke kas daerah, sangat signifikan. Pada 2015 Pemkab KKU hanya dapat Rp13 miliar, dan 2016 naik menjadi Rp 30 Miliar. Sementara pada 2017 kembali naik, menjadi Rp 88 Miliar.
 
Sementara penggunaan  DD 2017 mengalami perbedaan dari tahun sebelumnya.  Pada anggaran 2017, sekitar 80 persen untuk  mendanai kegiatan di bidang Sumber Daya  Manusia (SDM) dan penyertaan modal awal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  Sedangkan 20 persen, untuk mendanai kegiatan pemberdayaan masyarakat, terutama di desa maju.
 
“Insentif TPK pada tahap persiapan sebesar 2 persen dan tahap pelaksanaan 5 persen, sehingga total insentif yang diterima sekitar 7 persen,” katanya.

Bupati KKU, Hildi Hamid sangat bersyukur, dengan peningkatan penyaluran DD bagi 43 desa di wilayahnya. Hildi berharap, para Kades bisa menggunakan DD dengan arif dan bijaksana. 

“Penggunaannya harus transparan dan berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat desa. Jangan sampai setelah digunakan, akan timbul masalah. Saya berharap, seluruh Kades bisa menggunakannya dengan benar,” kata Hildi.

Menurut Hildi, saat ini KKU menjadi kabupaten terbaik dalam penggunaan DD yang bersumber dari APBN Pempus. Oleh karena itu, ia berharap seluruh Kades terus mempertahankan capaian ini. (ble/mul)