Selasa, 24 September 2019


Kayong Utara Kirim Pelajar Audisi Gita Bahana Nusantara

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 582
Kayong Utara Kirim Pelajar Audisi Gita Bahana Nusantara

ilustrasi

SUKADANA, SP - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara telah menyiapkan pelajar untuk mengikuti Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara tingkat Provinsi Kalbar tahun 2017 yang digelar pada 17 -18 Juni 2017. Audisi tingkat kabupaten dilakukan pada Senin (12/6) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Romi Wijaya mengatakan, Audisi Gita Bahana Nusantara adalah agenda Dinas Pendidikan di Bidang Kebudayaan dalam rangka menyaring talenta terbaik untuk mewakili Kayong Utara  ke tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

"Kegiatan ini menjadi agenda rutin dari dinas untuk menyeleksi putra-putri terbaik Kayong Utara, yang nantinya akan menjadi perwakilan pada perlombaan Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara Tingkat Provinsi Kalimantan Barat," jelasnya. Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Jumadi Gading menyebutkan,  Kayong Utara akan mengirimkan 4 (empat) orang putra-putri sebagai perwakilan dalam Group Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana.

"Peserta yang lolos audisi akan kita kirim lagi untuk mengikuti Audisi tingkat Provinsi di Pontianak. Peserta yang lolos di tingkat Provinsi, Mereka akan ditampilkan dalam acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI tanggal 16 Agustus 2017 dan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia Tanggal 17 Agustus 2017, di Istana Merdeka RI," jelas Jumadi.

Dalam audisi tersebut, panitia sudah menentukan 11 lagu wajib yang menjadi pilihan peserta. Meliputi Garuda Pancasila, Sapu Tangan dari Bandung Selatan, Bengawan Solo, Bangun Pemuda-Pemudi, Melati Suci, Indonesia Subur, Pantai Sepi, Tanah Air, Mandi dan Indonesia Pusaka. Dengan Kategori nada suara alto, sopran, tenor dan bass.

Penilaian lomba dalam kegiatan ini  didasarkan pada materi suara, intonasi, ritmik, ekspresi, penampilan dan kemampuan membaca notasi. Adapun peserta yang berhasil lolos dalam audisi Gita Bahana Tingkat Kabupaten Kayong Utara tahun 2017 ini yakni, Untuk Kategori putri, Liony Natalia dari SMA Negeri 2 Simpang Hilir, Nirwana dari SMA Negeri 1 Sukadana. Untuk kategori Putra, dua peserta untusan dari SMA Negeri 3 Simpang Hilir berhasil menjadi juara yakni Andi Jaswandi dan M Aldiansyah. (hms/ble/bob)