Kahmi Minta Program Pendidikan Gratis Terus Dilanjutkan

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 522

Kahmi Minta Program Pendidikan Gratis Terus Dilanjutkan
ilustrasi
SUKADANA, SP - Majelis Daerah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD Kahmi) Kabupaten Kayong Utara siap menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kayong Utara dan Pemilihan Gubernur yang digelar secara serentak pada 2018 mendatang.    Demikian disampaikan Sekretaris Umum Kahmi Kayong Utara, Ridwansyah usai menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) MD Kahmi KKU, di Dusun Senebing, Desa Harapan Mulia, Kecamatan Sukadana, Minggu (13/8) malam.  

"Bupati Kayong Utara terpilih, kita harapkan dapat melanjutkan program pendidikan gratis yang sudah berjalan selama 10 tahun yang diterapkan oleh Hildi Hamid selaku Bupati saat ini," ujarnya.   Ia mengatakan, Rakerda ini baru pertama kali diselenggarakan, setelah MD Kahmi KKU periode 2017-2021 resmi dikukuhkan oleh Ketua Kahmi Kalbar, M. Yusuf pada 5 Agustus lalu di Gedung Balai Praja.   

Rakerda dipimpin langsung Ketua Umum MD Kahmi KKU, Ichwani AS didampingi Sekretaris Umum, Ridwansyah. Hadir pula jajaran pengurus yang belatar belakang berbagai profesi.   Menurut Ridwan, Rakerda merupakan kewajiban dalam organisasi Kahmi. Sehingga seluruh pengurus sangat diharapkan kehadiran dan sumbangsihnya.   

"Kita butuh saran dan masukan dari para pengurus untuk program Kahmi ke depan. Pengurus yang tidak hadir juga dapat kita maklumi, karena masing-masing memiliki kesibukan yang tentunya tidak bisa ditinggalkan, sebab pengurus Kahmi bergelut di berbagai profesi mulai dari abdi negara, pemberdayaan, dan lainnya,” ujarnya.   

Sementara itu, Ketua Kahmi KKU, Ichwani AS mengatakan, Kahmi merupakan mitra pemerintah dalam menjalankan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karenanya, Rakerda sengaja dibuat lebih cepat setelah dilakukan pelantikan. Mengingat program kerja mesti secepatnya terealisasi.  

“Kita ingin cepat memberikan masukan langsung kepada Pemerintah Daerah Kayong Utara, terkait dengan pembangunan yang ada di daerah ini,” ungkap Ichwani yang belum lama dilantik sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara.  

Terkait dengan program pendidikan gratis, Ichwani yang alumni STAIN Pontianak ini menilai, kalau program tersebut sangat perlu dilanjutkan. Mengingat, motivasi sebagian besar orangtua terhadap pendidikan masih rendah. Terlebih di daerah kepulauan.   

"Kalau program ini dihentikan, kita khawatir semangat orangtua untuk menyekolahkan anaknya kembali seperti dulu. Sebelum pendidikan gratis diterapkan di Kayong Utara, banyak yang tidak sekolah dan putus sekolah,” katanya.     

Dalam pelaksanaannya, Rakerda Kahmi Kabupaten Kayong Utara melahirkan beberapa program kerja ditiap bidang serta rekomendasi yang sifatnya strategis dan mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara sebagai pengambil kebijakan, terkait program ke depan. (ble/bob)

Komentar