Pilkada 2018, KPU KKU Gandeng Media

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 566

Pilkada 2018, KPU KKU Gandeng Media
ilustrasi
SUKADANA, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggandeng media setempat sebagai bagian menciptakan Pilkada yang cerdas dan berkualitas. Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara, Dedy Efendy mengatakan, untuk menyukseskan gawai besar pada tahun 2018 tersebut, perlu peran serta semua pihak untuk menyukseskannya.

"Penyampaian informasi yang benar dan membangun salah satunya dengan tersampaikannya pesan positif pelaksanaan Pilkada ke masyarakat, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penerimaannya, dan salah satu jalurnya adalah melalui media," kata Dedy, Kamis (17/8). KPU di era keterbukaan publik memiliki kewajiban dalam menyampaikan semua hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan dan pendidikan politik bagi masyarakat.

 Peran media sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia, memiliki peran penting untuk menyampaikan informasi secara utuh dan juga dapat menjadi salah satu jalur untuk pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih.

"Media dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk penyampai informasi ke masyarakat serta juga dapat menjadi fungsi kontrol dalam penyelenggaraan pemilu," kata Dedy. Sementara itu, salah seorang jurnalis senior, Kamiriluddin mengatakan, upaya ini memberikan ruang besar terhadap masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cukup dari penyelenggara Pemilu serta menjadi tempat untuk menyampaikan masukan dan koreksi atas jalannya pelaksanaan tahapan Pilkada.

"Dengan keterbukaan yang menjadi motto KPU, masyarakat dapat mengakses segala informasi tahapan Pilkada dan masyarakat juga dapat menyampaikan evaluasi terhadap pelaksanaannya melalui media," katanya. (ant/ble/bob)