Pengendara Truk Diminta Taat Lalu Lintas

Kayong Utara

Editor Tajil Atifin Dibaca : 651

Pengendara Truk Diminta Taat Lalu Lintas
PENERTIBAN - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kayong Utara menggelar penertiban truk bermuatan barang dan material di Pertigaan Jalan Lingkar Sukadana, Rabu (6/9)
SUKADANA, SP - Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kayong Utara, IPTU Sulardi mengimbau pihak perusahaan, khususnya para pengemudi kendaraan truk untuk disiplin berlalu lintas. Hal ini disampaikannya disela-sela kegiatan rutin penertiban lalu lintas di Pertigaan Jalan Lingkar Sukadana, Rabu (6/9).  

Kegiatan penertiban lalu lintas tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk penertiban lalu lintas di Kabupaten Kayong Utara yang saat ini diprioritaskan kendaraan roda empat atau lebih, khususnya kendaraan angkutan barang ataupun orang.   

"Karena selama ini memang kurang disentuh oleh Polres Kayong Utara, yang masih fokus pengendara roda dua. Dan ini merupakan kegiatan rutin Polres Kayong Utara. Hari ini kami juga menertibkan kendaraan-kendaraan berat yang mengangkut material untuk pembangunan, yakni kendaraan jenis truk," katanya.  

Menurutnya, pengemudi angkutan barang dan materila mestinya mentaati prosedur yang telah ditentukan, yakni menggunakan terpal dan tidak melampaui ambang batas muatan.   

Terlebih jalur jalan Teluk Batang hingga Sukadana sangat sempit, menurutnya, bilamana ada kendaraan bermotor yang berpapasan lansung di antara kendaraan roda empat dan roda enam yang bermuatan besar, maka sangat membahayakan pengguna jalan lainnya.   

"Selain itu, banyak juga kendaraan truk bertonase besar tidak mematuhi ketertiban berlalu lintas. Pihak perusahaan hendaknya berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, dalam hal ini Satuan Lalu Lintas Polres Kayong Utara," imbaunya.   Padahal, sambungnya, Satlantas Polres Kayong Utara selalu siap, kapan saja bilamana diperlukan. Apalagi untuk fasilitas umum, selalu mendukung.   

"Saya sangat berharap pihak perusahaan jangan segan-segan untuk menyampaikan dan memberitahu bilamana bantuan untuk pengawalan, jika mengangkut alat berat atau muatan lainnya," harap Sulardi. (ble/bob)
 

Komentar