Pemkab KKU Sosialisasikan Program Adipura

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 607

Pemkab KKU Sosialisasikan Program Adipura
SOSIALISASI - Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus membuka acara Sosialisasi Program Adipura, Kamis (7/9). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pimpinan OPD Kabupaten Kayong Utara, hingga LSM lingkungan
SUKADANA, SP - Program Adipura mesti terfokus pada penerapan tiga prinsip good governance, yaitu transparansi, dalam hal kemudahan untuk mengakses data dan informasi hasil pemantauan serta mekanisme dan kriteria pemantauan, akuntabilitas.   Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus pada acara Sosialisasi Program Adipura yang turut dihadiri oleh Pimpinan OPD Kabupaten Kayong Utara, hingga LSM lingkungan, Kamis (7/9).  

"Selanjutnya hasil pemantauan dapat dipertanggungjawabkan, dan partisipasi, dimana melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat," ungkap Idrus.   Sebagai dasar hukum pelaksanaan, program adipura disusun oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura.  

"Dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, program adipura diharapkan mampu mendorong penyelesaian berbagai isu strategis bidang lingkungan hidup," katanya.  

Adapun isu strategis tersebut, yakni pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, pemanfaatan ekonomi dari pengelolaan sampah dan RTH, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengendalian dampak perubahan iklim, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat pertambangan, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.  

“Kebijakan pengelolaan lingkungan harus dapat menyelesaikan masalah secara menyeluruh menuju kota yang bersih, teduh dan berkelanjutan sesuai dengan tujuan program adipura untuk mewujudkan wilayah yang berkelanjutan, secara ekologi, sosial dan ekonomi,”terang Idrus.  

Idrus menambahkan, hal ini tentunya sejalan dengan misi ke empat dalam rangka pencapaian visi  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kayong Utara 2013 – 2018, yaitu melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang menjamin kelestarian lingkungan dan keadilan sosial.  

Adapun pada kegiatan tersebut melibatkan narasumber dari Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Kalimantan (P3e) Balikpapan. Dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat. (hms/ble/bob)