Warga Tanjung Satai Dambakan Pembangunan Jalan

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 479

Warga Tanjung Satai Dambakan Pembangunan Jalan
RUSAK - Warga tengah melintasi ruas jalan dari Pelabuhan Tanjung Satai menuju ibu kota kecamatan yang mengalami rusak parah. (Antara Foto)
SUKADANA, SP - Kepala Desa Tanjung Satai, Turaidi mengeluhkan jalan utama menuju pelabuhan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Pulau Maya yang tak kunjung dibangun.

Dikatakan Kepala Desa ini, sejak berdiri 2007, Kabupaten Kayong Utara luput memperhatikan ruas jalan dari Pelabuhan Tanjung Satai menuju ibu kota kecamatan. Sementara di jalur tersebut juga terdapat Puskesmas dan beberapa sekolah untuk dibangun.

"Jalan dari pelabuhan ke dekat puskesmas itu dibangun tahun 1996 saat program Surya Bhaskara AL, dan sampai saat ini belum dibangun lagi," ungkap Turaidi, belum lama ini.

Jalan tersebut merupakan jalan akses satu-satunya dari Desa Kembona, Desa Satai Lestari dan Desa Tanjung Satai jika hendak ke pelabuhan menuju Sukadana.

Melalui ruas jalan tersebut, akses utama distribusi kebutuhan pokok, jalur distribusi hasil bumi dan juga satu satunya akses untuk merujuk pasien dari puskemas ke rumah sakit.

"Setiap tahun sudah diusulkan melalui musrenbang, tapi belum juga terealisasi," imbuhnya.

Panjang jalan yang merupakan ruas jalan utama di ibu kota kecamatan sepanjang 2,5 km itu diharapkan tahun 2018 dapat terbangun.

"Banyak masyarakat yang meminta agar dana desa difungsikan untuk membangun jalan yang masih berstatus jalan kabupaten itu, karena masyarakat sudah lelah dan banyak korban yang jatuh di jalan itu," pungkasnya. (ant/ble/bob)