Nahas! Kapal Tenggelam, Nelayan Siduk Ini Terombang-ambing di Laut

Kayong Utara

Editor K Balasa Dibaca : 340

Nahas! Kapal Tenggelam, Nelayan Siduk Ini Terombang-ambing di Laut
DIRAWAT - Supriandi saat dirawat di Puskesmas Sukadana. (SP/Bule)
SUKADANA, SP - Ombak besar disertai angin menenggelamkan kapal nelayan Siduk, Kabupaten Kayong Utara, milik Supriandi, Sabtu (6/1) malam.

Beruntung, Supriandi masih bisa diselamatkan dalam insiden yang terjadi pukul 18.30 WIB itu.

Supriandi bercerita, saat melaut ia hanya sendiri. Ketika kapal berukuran 12 meter yang ia bawa mulai dihantam ombak,  dan tenggelam beruntung ada fiber yang dibawa,  sehingga berinisiatif mengikatnya dengan tali dan berpegang dengan fiber, hingga ada nelayan yang melintas yang menyelamatkannya pada keesokan harinya, Minggu (7/1).

"Fiber itu saya ikat,  langsung saya masuk ke situ.  Pas magrib itu ombak besar,  hujan," jelasnya, di Puskesmas Sukadana,  Minggu (7/1).

Setelah mendapatkan perawatan,  ia bersama iparnya langsung diantar ke Siduk untuk kembali mendapatkan perawatan di Puskesmas Siduk, menggunakan mobil BPBD.

Ali Aswat, nelayan yang berhasil menyelamatkan Supriandi mengatakan,  bahwa kapal tersebut mulai karam sekitar Pukul 19.00 WIB. Supriandi berhasil diselamatkan pada pukul 08.00 WIB, saat ia bersama rekannya berlabuh untuk menebar pukat.

Ketika ditemukan, kondisi Supriandi sudah lemah karena semalaman terapung di laut.

Berdasarkan pengakuan Supriandi, disinyalir penyebab tenggelamnya kapal karena sarat dengan muatan ikan. Ditambah ombak pada malam itu yang cukup besar.

“Kapalnya sarat ikan,  pas dihantam gelombang. Kapal ndak nimbul-nimbul lagi.  Diperkirakan 16 mil dari Pulau Juante ke tengah (korban ditemukan)," kata Ali. (ble)