Kamis, 19 September 2019


Wabup: Kades Wajib Kelola Arsip dengan Benar

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 251
Wabup: Kades Wajib Kelola Arsip dengan Benar

SOSIALISASI - Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus memberikan sambutan pada Sosialisasi dan Penyuluhan Arsip Masuk Desa di Lingkungan Pemerintahan Desa se- Kabupaten Kayong Utara, di Gedung Balai Praja, Kantor Bupati, Sukadana, Kamis (5/4). (Humas)

SUKADANA, SP - Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus membuka Sosialisasi dan Penyuluhan Arsip Masuk Desa di Lingkungan Pemerintahan Desa se- Kabupaten Kayong Utara, di Gedung Balai Praja, Kantor Bupati, Sukadana, Kamis (5/4).

"Berbagai macam dokumen dan media telah tercipta untuk kemudahan dalam menyimpan, mencari dan menyebarkan informasi. Arsip mempunyai nilai yang sangat penting dalam berbagai hal, selain sebagai informasi, arsip juga merupakan bahan bukti yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," ujarnya di depan para Kepala Desa dan Kepala OPD.

Permasalahan pengelolaan kearsipan, sambung Wabup, dapat ditemui pada setiap tingkatan organisasi termasuk organisasi di tingkat pemerintahan desa yang memiliki tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat yang permintaannya tidak mengenal waktu atau jam kerja. Desa sebagai ujung tombak pemerintahan harus menjadi pioner dalam akuntabilitas pemerintahan. Untuk itu, perlunya arsip dikelola secara baik dan cermat. 

"Pemerintahan desa telah bertransformasi layaknya suatu kabupaten mini. Dapat kita artikan, berbagai persoalan baik berupa administrasi maupun non administrasi, akan berakhir menghasilkan suatu arsip," katanya. 

Keberadaan dan penggunaan arsip dimaksud, menjadi perhatian khusus aparatur pemerintahan desa, sehingga sedapat mungkin pemerintahan desa harus segera mempersiapkan diri terkait pengelolaan kearsipan tersebut. Supaya arsip tetap terjaga keutuhan dan keamanan informasi yang tercipta, sehingga akan memudahkan penemuan arsip pada saat dibutuhkan. 

"Pengelolaan arsip dimaksud haruslah mengacu kepada ketentuan Peraturan Perundang-undangan tentang Kearsipan," kata Idrus.

Dilanjutkannya, melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Arsip Masuk Desa se-Kabupaten Kayong Utara dapat memberikan gambaran bagaimana pengelolaan arsip pemerintahan desa dengan baik dan benar.

"Saya mengharapkan kepada semua yang hadir pada kesempatan ini, khususnya peserta kegiatan ini untuk benar-benar mau memanfaatkan waktu yang sangat singkat untuk menimba ilmu tentang pengelolaan arsip pemerintahan desa, agar tugas dan kewajiban yang telah diamanatkan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab," pungkasnya. (hms/ble/bob)