Sabtu, 07 Desember 2019


300 Pelajar Ikuti Pawai Obor, Sambut Ramadan 1439 Hijriah dengan Penuh Kebahagiaan

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 404
300 Pelajar Ikuti Pawai Obor, Sambut Ramadan 1439 Hijriah dengan Penuh Kebahagiaan

PAWAI OBOR - Para pelajar dari Sukadana saat mengikuti pawai obor menyambut bulan suci Ramadan. Kegiatan ini digelar usai salat taraweh berjamaah di Masjid Agung Oesman Al-Khair, Rabu (16/5) malam. (SP/Bule)

Sedikitnya 300 umat muslim yang diikuti para pelajar, memeriahkan pawai obor dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriah, di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Rabu (16/5) malam.

SP - Pawai dimulai sekitar Pukul 20.30 WIB, setelah umat muslim menunaikan ibadah salat tarawih berjamaah yang di Masjid Agung Oesman Al-Khair, tak jauh dari Tugu Durian yang merupakan ikon kota kecil ini.

Pawai ini sendiri dimulai dari halaman Masjid Agung Oesman Al-Khair kemudian menyusuri Jalan Bhayangkara, Jalan Sepakat, Jalan Manunggal, Jalan Tanjungpura, lalu kembali lagi ke halaman masjid.

Selain pelajar yang masih berusia belasan tahun, sejumlah anak-anak di bawah 10 tahun yang didampingi orang tuanya juga ikut berpartisipasi dalam perhelatan budaya tahunan ini.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Jumadi Gading berpendapat, kegiatan pawai obor selain dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadan juga berperan mengajak remaja-remaja di Kabupaten Kayong Utara jauh dari kegiatan-kegiatan negatif.

"Apalagi belakangan banyak peristiwa di luar yang mengkhawatirkan kita, sehingga diharapkan kegiatan ini menjauhkan remaja-remaja kita dari pikiran negatif seperti radikalisme. Insyaallah tahun depan kalau tidak ada halangan akan kita laksanakan lagi," jelasnya.

Dikatakannya, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kayong Utara hanya mengambil peran di awal ramadhan. Sementara untuk kegiatan malam Idul Fitri nanti akan diambil alih oleh pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) setempat.

Sementara itu,  Pemkab Kayong Utara juga akan menggelar kembali Safari Ramadan pada tahun ini. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Safari Ramadhan tahun ini akan dilakukan dengan berkeliling desa di seluruh kecamatan yang ada.

"Penghujung jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara, akan safari Ramadhan ke desa-desa yang telah kami tunjuk menjadi tuan rumah," ujar Kepala Kesejahteraan Rakyat, Pemkab KKU, Hajjah Elyani Badaruzzaman.

Dirinya mengharapakan partisipasi semua OPD untuk bisa ikut menghadiri, serta aparatur pemerintah lainnya. Juga kepada masyarakat yang ingin ikut serta. Safari Ramadhan akan berlangsung dari 21 Mei hingga 6 Juni 2018 di desa-desa yang telah ditunjuk seluruh kecamatan di Kabupaten Kayong Utara.

"Senin 21 Mei 2018, akan berlangsung Safari Ramadhan di Mesjid Baiturrahman, Desa Teluk Melanau, Kecamatan Simpang Hilir. Dengan agenda buka puasa bersama, salat taraweh, serta tausiyah," tutupnya. (bule/pul)