Penjabat Bupati Kunjungi Pulau Maya

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 230

Penjabat Bupati Kunjungi Pulau Maya
KUNJUNGAN KERJA - Penjabat Bupati Kayong Utara, Syarif Yusniarsyah mengunjungi Pulau Maya dan meninjau SMP Negeri 1 Tanjung Satai, kemarin. (Ist)
SUKADANA, SP - Penjabat Bupati Kayong Utara, Syarif Yusniarsyah melakukan kunjungan kerja ke Pulau Maya, untuk meninjau SMP Negeri 1 Tanjung Satai, Senin (16/7).

Kunjungan kerja Pj. Bupati membawa asisten tata pemerintahan, kepala OPD, Kabag Pemerintahan, dan Pj. Ketua Tp PKK Kabupaten Kayong Utara, untuk mengetahui kondisi real kecamatan Pulau Maya mulai dari pembangunan, infrastruktur, pelayanan masyarakat, dan sekolah.

Pj Bupati meninjau kondisi sekolah, serta menyapa guru dan siswa/siswi yang baru memasuki hari pertama sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, penjabat Bupati Kayong Utara, Syarif Yusniarsyah yang pernah tinggal di Tanjung Satai menceritakan, masa sulit saat dia harus berpisah dengan orangtua untuk melanjutkan sekolah dasar di Ketapang, karena pada saat itu pendidikan di Pulau Maya hanya sampai kelas 2 SD.

"40 tahun silam, saya pernah menghabiskan masa kecil di Tanjung Satai karena abah saya pernah mengabdi sebagai Camat di sini. Pada kelas 3 SD lalu saya pindah ke Ketapang, berpisah dengan orang tua untuk melanjutkan sekolah karena dulu di Satai hanya sampai kelas 2 SD," kenangnya.

Dengan kenangan masa lalu pendidikan di Kecamatan Pulau Maya, Bupati mengajak semua siswa untuk bersyukur di 10 tahun kepemimpinan Bupati Hildi Hamid, di Pulau Maya sudah ada SMA, dan hendaknya tidak ada lagi masyarakat Pulau Maya yang putus sekolah.

"Sekarang ini Pulau Maya sudah jauh berbeda, dari pelabuhan menuju ke sekolah ini saja sudah dapat menggunakan sepeda motor, dan pendidikan di sini sudah sampai tingkat SMA. Kita patut bersyukur atas kemajuan ini, dan kepada adik-adik tidak ada alasan lagi untuk putus sekolah," ucapnya.

Selanjutnya, bupati berpesan kepada tenaga pendidik atau pengurus sekolah, untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, mencerdaskan anak bangsa tidak perlu ada kekerasan, dan mendidik dengan sabar serta penuh tanggung jawab. 

"Kepada Dinas Pendidikan tolong diprioritaskan yang mana sekolah perlu mendapatkan pembenahan, agar proses belajar mengajar siswa menjadi lebih baik,” ujarnya. 

Dia minta pihak sekolah tidak berhenti berkoordinasi ke dinas, jika perlu sesuatu segera ajukan proposal, biar pejabat di dinas tahu kondisi masing-masing sekolah.

Selain itu, Pj. Bupati Kayong Utara juga melakukan audiensi, serta tatap muka bersama camat Pulau Maya, kepala desa se Kecamatan Pulau Maya, pegawai dan aparatur kecamatan di kantor camat Pulau Maya.

Dalam arahannya bupati yang sekaligus Sekretaris Korpri Kalimantan Barat, mengimbau kepada aparatur kecamatan untuk disiplin dalam bekerja, dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Jadilah abdi negara, abdi pemerintah, dan abdi masyarakat, cintai pekerjaan kita pasti dapat hasil, profesional dalam bekerja, masuk dan pulang tepat waktu, serta melaksanakan pelayanan prima yang konsepnya. Saya akan berbahagia bila karena saya orang lain berbahagia, itulah hidup bermakna," ucapnya.

Selanjutnya bupati menegaskan kepada camat dan aparatur kecamatan untuk profesional dalam bekerja, serta tidak menyalahgunakan wewenang. Menurutnya sudah banyak pejabat pemerintah atau kepala desa yang terjerat kasus hukum.

"Jaga profesionalisme dalam bekerja, jangan mau disogok, dan jangan mau melakukan pungli, laksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP. Kita sudah digaji, dibayar setiap bulannya untuk bekerja maka laksanakan lah," tegasnya.

Dalam kesempatan itu pula bupati mengharapkan dukungan aparatur kecamatan, untuk menjalankan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih kedepan. “Karena mau tidak mau, suka atau tidak suka kita pegawai negeri harus mengabdi kepada pemerintah, masyarakat dan negara,” ujarnya. (ble/hum/lis)