Munirah: Pemenuhan Hak Anak Belum Optimal

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 224

Munirah: Pemenuhan Hak Anak Belum Optimal
BERI HADIAH – Suasana pemberian hadiah kepada pemenang dalam lomba Hari Anak Nasional oleh Asisten Administrasi dan Umum, Sekretariat Daerah Kayong Utara, Munirah, Rabu (29/8). (Ist)
SUKADANA, SP – Asisten Administrasi dan Umum, Sekretariat Daerah Kayong Utara, Munirah menutup rangkaian lomba dalam rangka Hari Anak Nasional di Balai Praja, Kantor Bupati Kayong Utara, Sukadana, Rabu (29/8).

Dalam kesempatan tersebut, Munirah menyebutkan banyak kebijakan, program dan kegiatan yang telah dibuat dan dilaksanakan di seluruh tingkat wilayah, namum pemenuhan hak dan perlindungan anak belum optimal. 

Hal ini menurutnya, terlihat dari masih banyaknya anak yang tidak memiliki akta kelahiran, informasi yang ada belum ramah anak, mudahnya anak mengakses pornografi, masih terbatasnya wadah partisipasi anak dan suara anak belum mewarnai proses pembangunan. 

"Ditambah lagi dengan maraknya kekerasan kepada anak. Baik di rumah, jalan, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Semua ini tentunya akan berdampak pada tumbuh kembang anak dan kehidupan mereka pada saat dewasa," ucapnya.

Munirah menyambut baik kegiatan pemerintah untuk melaksanakan Hari Anak Nasional. Sebab peringatan ini, dapat dimaknai dengan kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan anak, sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Munirah juga mengajak masyarakat untuk lebih keras lagi dalam rangka mencapai tujuan yang dimaksud. Sekaligus ingin mengajak untuk bekerja lebih baik dalam melindungi keluarga sehingga upaya perlindungan dan pencapaian hak anak dapat tercapai.

"Saya ingin berpesan, mari kita tingkatkan semangat kerja yang mengarah pada meningkatkan mutu sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif. Serta mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya.

Selain itu dia juga berpesan dalam mengisi masa anak-kana dan remaja agar dilakukan dengan kegiatan yang sehat, ceria dan berguna bagi masa depan. (hms/ble/and)