Senin, 23 September 2019


Wabub Launching SiCantik Cloud, Pembuatan Izin Usaha Dapat Dilakukan Online

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 192
Wabub Launching SiCantik Cloud, Pembuatan Izin Usaha Dapat Dilakukan Online

PUKUL GONG – Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad memukul gong saat launching program SiCantik Cloud, Rabu (12/2). Program ini nantinya akan memudahkan pengusaha untuk melakukan pengurusan surat izin usaha. (Humas)

Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad
"Adanya aplikasi ini pengusaha dan pedagang yang ingin membuat surat izin tidak perlu lagi datang ke kantor, cukup membuka Aplikasi SiCANTIK Cloud saja sudah bisa"

SUKADANA, SP - Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad melaunching penerapan Aplikasi Cerdas  Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik  berupa sistem Cloud (SiCANTIK Cloud) dan Pelayanan Perizinan Keliling di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kayong Utara, Rabu (13/2).

Effendi menyambut postif terobosan yang dilakukan Dinas PMPTSP Kayong Utara melalui aplikasi yang berbasis web dan terintegarsi dengan Online Single Submission (OSS).
 
“Adanya aplikasi ini pengusaha dan pedagang yang ingin membuat surat izin tidak perlu lagi datang ke kantor, cukup membuka Aplikasi SiCANTIK Cloud saja sudah bisa," kata Effendi.

Effendi berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial launching saja, namun harus ada sosialisasi langsung ke masyarakat, bahkan bila perlu, harus ada petunjuk khusus yang dilakukan Dinas PMPTSP kepada masyarakat Kayong Utara, supaya pembuat izin paham cara kerja aplikasi.

“Kadang-kadang bukan masyarakat yang tidak mau (buat izin), tapi karena kurang pahamnya dalam mengurus perizinan dan menyangka pengurusannya sulit,” katanya.

Effendi lantas mencontohkan, seringkali masih ada pemborong yang meminjam CV orang-orang dari luar Kayong Utara untuk mengerjakan suatu proyek, lantaran tidak mempunyai badan usaha sendiri. Padahal, kata Effendi, untuk mengurus perizinan pembuatan CV tidak sulit.

"Karena itu saya berharap edukasi DPMPTSP harus bergerak terus, sehingga akan mempermudah dan mendorong investasi di Kayong Utara," ujar Effendi.

Terkait dengan hal ini, ia harap dengan semakin mudahnya mengurus surat izin para pelaku usaha dan pedagang yang membuat surat izin semakin banyak, sehingga tidak ada lagi yang meminjam surat izin orang lain untuk usahanya.

"Paling penting ke depan tidak ada lagi calo pembuat surat izin, karena yang bersangkutan sudah bisa mengurus surat izin usaha sendiri melalui Aplikasi SiCANTIK Cloud," tutupnya.

Kepala DPMPTSP Kayong Utara, Supardi menjelaskan, SiCANTIK Cloud merupakan aplikasi yang dibuat Kementerian Komunikasi dan Informasi RI untuk mempermudah pengurusan izin usaha secara elektronik. Ada beberapa tahapan baku yang dibuat.

Namun, kata Supardi, pihaknya juga telah membuat desain ulang dan memodifikasi beberapa fitur pada aplikasi SiCANTIK.

"Seperti si pemohon tidak perlu datang ke DPMPTSP untuk menyanyakan prosesnya sampai di mana. Tapi dia udah bisa melihat melalui website," jelas Supardi. Pelayanan terpadu secara elektronik, dikatakan Supardi sebenarnya bukan hal baru, melainkan sudah tercantum dalam Perpres tahun 2014.

Akan tetapi, secara nasional, pengurusan izin usaha secara elektronik itu baru dilaunching 21 Juli 2018. Menurutnya, meski aplikasi SiCANTIK sudah diluncurkan, Kementerian Kominfo sampai saat ini belum dapat memberikan kepastian kapan SiCANTIK mulai diintegrasikan dengan OSS.

"Kita juga ada pertemuan dengan salah satu staf di Kominfo, mereka juga belum bisa memberikan kepastian kapan terintegrasi antara OSS dan SiCANTIk Cloud," ungkap Supardi. (ble/hms/jee)