Pelestarian Hutan di Kayong Utara, Citra Tanda Tangan Kerja Sama dengan Sejumlah Yayasan

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 70

Pelestarian Hutan di Kayong Utara, Citra Tanda Tangan Kerja Sama dengan Sejumlah Yayasan
PENANDATANGANAN – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menandatangani naskah kerja sama dengan yayasan yang bergerak pada pengembangan sumber daya hutan. Melalui kerja sama ini diharapkan potensi hutan di Kayong Utara digarap maksimal. (SP/Ble)
Bupati Kayong Utara, Citra Duani menandatangani naskah perjanjian kerja sama dengan sejumlah yayasan pengembangan sumber daya hutan, Yayasan Palung dan Non-Timber Forest Products (NTFP) di Ruang Rapat Kantor Bupati, Sukadana, Rabu (27/2).

SP - Penandatanganan naskah tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah, Hilaria Yusnani dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Tommy Djunaidi.

Kerja sama Pemkab Kayong Utara dengan dua yayasan ini mempunyai arti penting dalam upaya melestarikan hutan. Di samping itu, kerja sama juga diharapkan memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian melalui sumber daya hutan.

"Kondisi masyarakat kita masih banyak yang belum memiliki kemampuan dalam rangka mengembangkan potensi yang ada," kata Citra.

Masyarakat Kayong Utara menurut Citra adalah masyarakat pra sejahtera. Lahan pertaniannya begitu luas, namun masih belum maksimal digarap. Produk non hasil hutan, seperti anyaman tikar pandan dan rotan hanya bisa bersaing di tingkat lokal. 

"Pengelolaannya masih bersifat tradisional, termasuk handicraft. Ini tanggung jawab bersama, semua stakeholder OPD terkait harus bergerak bersama, termasuk para pemudanya," imbuhnya.

Sampai saat ini masih banyak sumber daya hutan yang belum tergali, karena sumber daya manusia masyarakat dan inovasi menjadikan produk hutan yang bernilai ekonomi masih rendah.

"Jangankan sumber daya hutan, lahan pertanian yang luas saja belum tergarap maksimal. Padi satu hektare hanya 3,6 ton. Sementara di Jawa bisa mencapai lima ton," pungkas Citra. (ble/jee)