Kenaikan Gaji Diharap Tingkatkan Kinerja Aparat Desa

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 207

Kenaikan Gaji Diharap Tingkatkan Kinerja Aparat Desa
ilustrasi
SUKADANA, SP -  Tahun ini gaji perangkat desa di Kayong Utara naik menjadi Rp2.100.000. Jumlah ini setara dengan gaji aparatur sipil negara (ASN) golongan II A. Kenaikan setelah terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Siltap Perangkat Desa.

“Saya harap kenaikan gaji ini diiringi dengan peningkatan kinerja perangkat desa melayani masyarakat,” kata kepala seksi penataan administrasi pemerintahan desa dinas (SP3APMD) Kayong Utara, Eko Apriyanto, kemarin.

Pihaknya dikatakan Eko akan memantau langsung kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

“Terutama absen di desa harus dikontrol oleh sekretaris desa dan harus dilaporkan berkala ke kecamatan,” ujarnya.

Evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020 akan diserahkan ke setiap kecamatan. Proses ini membutuhkan kerja ekstra, karena ada beberapa desa yang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades).

“Ada juga desa yang menggelar pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sudah habis masa jabatanya, jadi harus kita bagi kerjanya,” imbuhnya.

Kepala Desa Sutera, Tipa'i, berterimakasih untuk kenaikan gaji yang diberikan pemerintah dan berharap kebijakan ini akan meningkatkan kinerja aparat desa.

“Alhamdulillah, kita bersyukur karena apa yang kita harapkan bisa terwujud. Tentu ini sudah sesuai dengan beban kerja di desa,” katanya. (ble/jee)