Pahami Karakter Budaya di Kayong Utara

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 43

Pahami Karakter Budaya di Kayong Utara
Foto Bersama – Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad foto bersama finalis Bujang dan Dare Kayong Utara 2019. Effendi meminta para finalis agar terus memperluas wawasan mereka.
SUKADANA, SP - Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad menghadiri pemilihan Bujang dan Dare Kayong Utara 2019 di Ballroom Hotel Mahkota Kayong Sukadana, kemarin malam. Sebanyak tujuh finalis Bujang dan tujuh finalis Dare mengikuti pemilihan. 

“Atas nama pribadi dan Pemkab Kayong Utara, saya mengucapkan selamat karena kalian menjadi duta budaya. Keikutsertaan kalian pada ajang ini merupakan amanah dan kepercayaan yang menuntut kalian untuk tampil maksimal,” kata Effendi.

Effendi berharap para finalis menjadi pelopor membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi, dan meminta mereka jadi pioner dalam membentuk generasi muda, agar lebih mencintai budaya daerah.

“Pada era globalisasi ini, generasi muda dihadapkan berbagai tantangan dan berbagai pengaruh yang bisa merusak moral seperi narkoba, prostitusi, kenakalan remaja dan penyimpangan sosial,” kata Effendi.

Para finalis juga diharapkan agar memperluas pengetahuan mereka mengenai karakter budaya serta potensi yang ada di Kayong Utara maupun di seluruh wilayah Indonesia.

“Menyandang gelar bujang dan dare tidak hanya kebanggaan, namun harus menjadi tantangan untuk mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan, baik itu bidang akademik di sekolah maupun bidang umum lainnya,” pungkasnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Jumadi Gading menyampaikan dalam mempromosikan kebudayaan Kayong Utara, pihaknya selalu menggelar berbagai kegiatan kebudayaan, salah satunya pemilihan Bujang dan Dare Kayong Utara.

"Kita juga menggelar Festival Budaya dan kegiatan tentang kebudayaan Kayong Utara. Kita juga mempersiapkan untuk lomba pemilihan Bujang dan Dare di tingkat provinsi," kata Jumadi.

Pada acara ini, Tiyas Mahendra dari Kecamatan Sukadana dinobatkan sebagai Bujang Kayong Utara 2019 dan Maria Sandu dari Kecamatan Simpang Hilir sebagai Dare Kayong Utara 2019. (ble/jee)