Selasa, 24 September 2019


KPU Terima Laporan Salah Input Hasil Pemilu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 377
KPU Terima Laporan Salah Input Hasil Pemilu

Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko

SUKADANA, SP - Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan, pihaknya menerima laporan dari anggota KPPS di TPS 02, Desa Alur Bandung prihal selisih perhitungan di web Situng KPU RI.

“Kesalahan input ini bukti C1 dimiliki. Kami sudah menghubungi operator server KPU RI untuk memperbaiki,” kata Rudi Handoko, kemarin.

Kesalahan input di Situng, kata Rudi karena tidak mendasari perhitungan rekap manual, melainkan form C1 dari setiap TPS yang ada dan dientri di laman Situng KPU RI.

“Situng berjalan sejak hari kedua pasca pemilihan. Data C1 dari TPS langsung dipindai dan dientry apa adanya, termasuk jika ada kesalahan input, dan itu tidak ada pencocokan langsung dengan rekap berjenjang, baik dari PPK sampai KPU, sebab rekap di PPK baru dimulai sekitar 20an April,” jelas Rudi.

Sehingga, lanjut Rudi, ketika ada temuan akan diklarifikasi dan disesuaikan dengan data sebenarnya. Sedangkan hasil pindai atau scan tidak boleh diubah.

“Hasil C1 seperti salah hitung, salah tulis dan sebagainya, baru boleh dikoreksi dengan mencocokan data C1 yang dipegang PPK, Panwascam dan saksi,” tuturnya.

Rudi memastikan tidak ada penambahan dan pengurangan jumlah suara, sebab menurutnya, perhitungan suara ditampilkan terbuka di depan saksi yang hadir dan Panwascam.

“Jika ada kesalahan di rekap manual tentu akan terkoreksi, sebab jumlah perolehan suara total melebihi jumlah pengguna hak pilih, alias tidak nyambung, karena suara sah berlebih,” ungkapnya.

Selisih yang terinpit di Situng KPU RI diyakini Rudi karena human error dan masih dianggap wajar, karena kesalahan tersebut hanya beberapa persen dari jumlah yang benar yang di input.

“Kalau saya melihatnye masih manusiawi, dikatakan rentan tidak juga, karena persentasenya masih kecil. Kalau pun ada yang mengatakan 73 ribuan TPS yang salah, itu juga belum valid, perlu diverifikasi lagi,” pungkasnya. (ble/jee)