Warga Harap Perbaikan Jalan Siduk

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 51

Warga Harap Perbaikan Jalan Siduk
JALAN BERLUBANG – Pengguna jalan harus berhati-hati saat melintasi Jalan Siduk di Sukadana yang berlubang. Warga berharap jalan tersebut segera diperbaiki.
SUKADANA, SP – Warga Kecamatan Sukadana berharap pemerintah memperbaiki  jalan rusak di beberapa wilayah, seperti di Jalan Siduk, perbatasan Ketapang hingga Teluk Batang dan Kayong Utara.

Salah seorang warga Sukadana, Anto meminta agar perbaikan jalan dapat dilakukan perayaan Idul Fitri. Paling tidak, jalan yang banyak lubang bisa segera ditutup.

"Jelang lebaran, tentu akan ramai arus mudik, terutama mereka yang menggunakan angkutan air kapal motor klotok dari Pelabuhan Teluk Batang, menuju Sukadana atau Kabupaten Ketapang," kata Anto, Selasa, (14/5).

Pemudik biasanya tiba di Pelabuhan Teluk Batang pada dini hari. Jalanan berlubang dan minim penerangan dikhawatirkan membahayakan pemudik saat melintas.

“Hampir setiap tahun persoalan ini selalu terjadi di Kayong Utara. Perlu ada perhatian yang lebih menanggulanginya,” harapnya.

Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kayong Utara, Rahadi mengatakan, ruas jalan Siduk hingga Teluk Batang merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Kalbar melalui Unit Perawatan Jalan dan Jembatan (UPJJ) yang membawahi Ketapang dan Kayong Utara.

“Jadi jalan itu bukan tanggung jawab kita,” katanya.

Menurut Rahadi, berdasarkan informasi yang ia terima, akan ada pembangunan peningkatan jalan di Simpang Saut, Sukadana sampai ke arah Tugu Durian.

"Tapi pastinya kapan, saya belum tahu detail. Sedangkan untuk perbaikan atau perawatan, mungkin sebelum lebaran sudah bisa terselesaikan," terang Rahadi di Ruang Kerjanya.

Pelaksana tugas UPJJ wilayah Ketapang dan Kayong Utara, Antonius Boby mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemeliharaan dan perbaikan Jalan Siduk hingga Sukadana.

"Termasuk perbaikan di Jembatan di Sungai Belit, Sukadana. Kami juga sudah mulai mengerjakan perawatan dan perbaikan lubang di jalanan," kata Boby.

Sebelum lebaran, Boby yakin perbaikan selesai dikerjakan. Terutama penambalan jalan yang berlubang dari Siduk hingga Teluk Batang.

“Tahun ini juga sudah dianggarkan untuk pembangunan peningkatan jalan di Sidung hingga Teluk Batang,” pungkas Boby. (ble/jee)