Buruh Ancam Gelar Demo Protes PT KAP

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 119

Buruh Ancam Gelar Demo Protes PT KAP
Ancam Demo – Sejumlah buruh PT KAP menggelar pertemuan membahas rencana demo memprotes kebijakan perusahaan yang dinilai merugikan mereka dan melanggar peraturan ketenegakerjaan. Ist
SUKADANA, SP – Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Patriot Pancasila (SBPP) akan menggelar aksi damai di Kantor Bupati Kayong Utara. 

Langkah ini dilakukan setelah para buruh tidak menemukan kata sepakat dengan PT Kalimantan Agro Pusaka (KAP) terkait upah harian kerja.

Ketua Konsolidasi DPD Serikat Buruh Patriot Pancasila (SBPP) Kalbar, Verry Liem  mengatakan, aksi juga dikarenakan pengurangan hari kerja karyawan menjadi dua hari dalam seminggu yang ditetapkan perusahaan, serta belum dipenuhinya isi perjanjian bersama yang telah disepakati beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan perbuatan yg kurang berprikemanusiaan, kalau hanya dipekerjakan dua hari, itu bertentangan dengan peraturan, ditambah lagi akan menghadapi lebaran. Buruh ini mau makan apa," katanya.

Menurut Verry, massa yang nantinya akan diturunkan saat akasi nanti jumlahnya sekitar 500 orang. Dikatakannya kebijakan perusahaan, mestinya mempertimbangkan rasa kemusiaan dan melalui musyawarah.

"Jika pihak perusahaan tidak ada itikad baik untuk duduk bersama mengatasi masalah ini, para pekerja akan demo besar-besaran. Kita harap Bupati inisiatif  memfasilitasi dan memanggil pihak terkait," ujarnya.

Aksi damai bukan untuk unjuk kekuatan, akan tetapi untuk memperjuangkan hak pekerja yang tidak dipenuhi perusahaan."Kami bukan unjuk kekuatan, tapi ini adalah bentuk perjuangan yang kami lakukan,” tegasnya.

Ketua Pengurus Unit Kerja (PUK) SBPP PT KAP, Ikang Fauzi mengatakan, pihaknya telah sering mengadakan perundingan, namun belum ada titik temu.

"Puncaknya perusahaan malah mengurangi hari kerja jadi dua hari, ini yangbuat kami tak bisa lagi diam," kata Ikang. (ble/jee)