Citra Duani Serukan Persatuan

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 54

Citra Duani Serukan Persatuan
SAMBUTAN – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyampaikan sambutan ketika jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kayong Utara, Sukadana, Senin (20/5). Ist
SUKADANA, SP - Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyerukan pentingnya persatuan saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kayong Utara, Sukadana, Senin (20/5). Jajaran pemerintah, seperti Wakil Bupati turut hadir. Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI-Polri, dan sejumlah pelajar SMP dan SMA ikut ambil bagian.

"Kita berada dalam situasi pascapesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita," kata Citra membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa. Pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu merupakan hal lumrah. Namun semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu, tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian. Apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

"Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita," katanya. 

“Dengan semua harapan tersebut, sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema ‘Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan untuk Persatuan’,” tutupnya. (ble/bls)