Eman : Tekstur Tanah Sebabkan Semburan Air Leding

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 50

Eman : Tekstur Tanah Sebabkan Semburan Air Leding
Semburan Air – Akibat kendala pada sistem penyaluran air menyebabkan air menyembur dari pipa milik UPT Pelayanan Air Bersih Dinas PUPR Kayong Utara yang berada di dekat Kantor Samsat Sukadana.
SUKADANA, SP – Kepala UPT Pelayanan Air Bersih Dinas PUPR Kayong Utara, Eman awaludin menjelaskan, semburan air leding yang berada di dekat Kantor Samsat Sukadana dikarenakan kendala pada sistem penyaluran air

“Karena tekanan di ground Sungai Air Buluh meningkat, sehingga paken lepas di valve pembuangan," kata Eman awaludin,” Selasa (11/6).

Menurut Eman, kondisi ini biasa terjadi karena jalur pipa air melalui tekstur tanah yang tidak rata atau bergelombang, sehingga menyebabkan tekanan air tidak stabil.

"Pernah dulu tahun 2017 semburan air hingga 12 meter. Kadang juga airnya tidak ada, lalu pipanya kosong,” ungkapnya.
Menurut Eman, pengerjaan proyek pemerintah juga kadang menyebabkan kerusakan pipa leding.

“Makanya air tidak pernah stabil, air yang nyembur itu hanya kuat tekanannya jika sudah turun dari ketinggian melewati bukit jika sudah habis, air akan mundur kembali ke awal tanjakan bukit," jelasnya.

Untuk sumber air dari Sungai Buluh saat ini menurutnya hanya melayani daerah Sungai Belit dan Siduk, karena debit air saat ini masih terbilang kecil.

"Kalau untuk dibantu ke Kota Sukadana tidak mampu, hanya bisa bantu sewaktu - waktu untuk jalur Setegar-Simpang Gang Serong saja," pungkasnya. (ble/jee)