Legisatif Respon Positif Pembentukan Perda RPJMD

Kayong Utara

Editor elgiants Dibaca : 38

Legisatif Respon Positif Pembentukan Perda RPJMD
Tanda Tangan – Bupati Kayong Utara, Citra Duani didampingi wakilnya, Effendi Ahmad menandatangani pembentukan Raperda RPJMD Kayong Utara menjadi Perda, usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kayong Utara, Selasa (11/6).
SUKADANA, SP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kayong Utara menggelar Rapat Paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi, sekaligus persetujuan bersama antara DPRD dengan Bupati Kayong Utara terhadap Rancangan Perda (Raperda) tentang BPJMD tahun 2019–2023 menjadi Peraturan Daerah (Perda), di Ruang Rapat Kantor DPRD Kayong Utara, Selasa (11/6).

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD, Tajudin dan Alias serta Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan Wakil Bupati Effendi Ahmad. Hadir pula Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep I. Rosadi serta para Kepala OPD di Kayong Utara.

Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, Tajudin mengatakan, rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD),  sebelumnya telah dibahas.

"Berdasarkan Pasal 9 ayat (4) huruf A angka 1 Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018, Juncto Pasal 78 Permendagri Nomor 80 Tahun 2015, ditegaskan sebelum mengambil keputusan menyetujui, serta menetapkan Raperda menjadi Perda, didahului penyampaian laporan pendapat akhir masing-masing fraksi di DPRD," ungkap Tajudin.

Pada prinsipnya, kata Tajudin, dari enam fraksi di DPRD Kayong Utara menerima dan menyetujui Rancangan Perda tentang BPJMD tahun 2019–2023 menjadi Perda.

Meski begitu, fraksi juga memberikan catatan kritis, perbaikan, saran ataupun hal lain yang perlu mendapat perhatian dalam Raperda.
"Dari persetujuan tadi ditetapkan menjadi keputusan DPRD dan dibuatkan surat keputusan dan ditanda tangani, serta diberi Nomor 3 Tahun 2019. Kemudian surat keputusan kami sampaikan ke bupati sebagai bahan pertimbangan tindaklanjut," jelas Tajudin.

Sementara juru bicara Fraksi Demokrat di DPRD Kayong Utara dalam pendapat akhir fraksinya menyampaikan, akan mendukung rencana pembangunan Pemkab Kayong Utara. 

"Pada prinsipnya Fraksi Demokrat setuju dan mendukung dasar-dasar RPJM yang telah dirancang," terang Sarnawi.

RPJMD Kayong Utara yang telah dirancang juga dinilai sesuai dan mengakomodir visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara.
 
"RPJMD memiliki posisi strategis karena menjadi dokumen penting perencanaan dan pedoman menyusun dan menentukan arah pembangunan Kayong Utara, lima tahun mendatang," ungkap Sarnawi.

Selain itu, sambungnya, penetapan Perda tentang RPJMD juga proses penting sebagai produk kebijakan daerah memberikan arah pengembangan daerah, dan target yang dicapai dalam lima tahun mendatang.

“Serta menjadi pedoman langkah strategis yang perlu dilakukan agar tujuan visi dan misi bupati dan wakil bupati dapat tercapai,” tuturnya. (ble/jee)