Selasa, 24 September 2019


KPU Gelar Tahapan Gugatan Sengketa Pemilu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 75
KPU Gelar Tahapan Gugatan Sengketa Pemilu

Sengketa Pemilu – KPU Kayong Utara saat proses pembukaan kotak suara terkait tahapan gugatan hasil Pemilu. Pembukaan kotak suara setelah sebelumnya mendapat instruksi dari KPU RI.

SUKADANA, SP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara menggelar pembukaan kota suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 terkait tahapan penyelesaian perselisihan hasil pemilihan umum (Pemilu) DPR RI tahun 2019 di Kantor KPU, Sukadana, Kamis (13/6)

“Ini merupakan instruksi KPU RI, bahwa KPU kabupaten sudah boleh untuk membuka kotak suara. Ada enam TPS yang meliputi enam desa di Kayong Utara yang mesti dibuka,” ungkap Effian.

Keenam Desa tersebut adalah Desa Riam Berasap TPS 01, Desa Betok Jaya TPS 01, Desa Satai Lestari TPS 07, Desa Kemboja TPS 08, Desa Seponti Jaya TPS 01 dan Desa Lubuk Batu TPS 02.

Diterangkan Effian mekanisme pembukaan kotak suara yang digelar dihadiri anggota Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kayong Utara, aparat lepolisian dan partai politik peserta Pemilu 2019. Dalam hal ini hanya dua partai politik yang hadir yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Yang diambil di kotak suara adalah Formulir C1 hologram, kemudian C2 dan C7 serta C1 plano,” kata Effian.

Partai politik yang mempermasalahkan hasil Pemilu tingkat DPR RI ke Mahkamah Konstitusi, kata Effian adalah Partai Gerindra. Ada selisih suara dari ke enam TPS yang dibuka kotak suaranya.

Selanjutnya hasil yang didapat setelah dibuat berita acara dengan ditanda tangani KPU, Bawaslu, kepolisian serta partai politik peserta pemilu dikirimkan ke KPU RI.

“Sidang gugatannya sendiri akan dilangsungkan usai pengumuman hasil sidang MK mengenai Pilpres,” pungkasnya. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kayong Utara, Sarnawi mekanisme gugatan yang ambil oleh partai politik terhadap hasil Pemilu merupakan proses demokrasi. 

"Kami dari Partai Demokrat, khususnya DPC Kayong Utara akan mengikuti aturan-aturan dalam proses demokrasi," terang Sarnawi.

Partai Demokrat yang hadir di KPU Kayong Utara dalam rangka pembukaan kotak suara merupakan wujud partisipasi dalam proses demokrasi.

"Semoga tahapan Pemilu 2019 berjalan tertib dan lancar. Termasuk persoalan gugatan yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi," harapnya. (ble/jee)