Kamis, 19 September 2019


Warga Desa Sutra Banyak Menderita Hipertensi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 288
Warga Desa Sutra Banyak Menderita Hipertensi

PERIKSA KESEHATAN – Warga memeriksakan kesehatan mereka saat dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis oleh petugas kesehatan Puskesmas Sukadana, kemarin.

SUKADANA, SP – Koordinator program Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Sukadana, Emilia mengatakan, pihaknya rutin memberikan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular di masyarakat.

“Sekalian kita mengajak masyarakat untuk senam bersama perangkat desa dan masyarakat agar ada kedekatan dengan petugas Puskesmas Sukadana," kata Emilia, saat melakukan kegiatannya di Kantor Desa Sutera, kemarin.

Pemeriksaan kesehatan gratis dikatakan Emilia difokuskan di tujuh desa yakni Desa Sutera, Pangkalan Buton, Pampang, Sejahtera, Benawai Agung, Sedahan Jaya dan Harapan Mulia.

Pemeriksaan yang dilakukan, dijelaskannya meliputi asam urat, kolestrol dan kadar gula dalam tubuh.

“Kita juga melakukan sharing untuk pola makan, karena  selain dari keturunan,  penyakit tidak menular disebabkan pola makan yang kurang sehat," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut Emilia, banyak masyarakat yang mengalami hipertensi atau darah tinggi, terlebih warga di Desa Sutera.

"Tapi ada desa tertentu yang cenderung tensinya normal, yaitu di Mentubang dan Desa Harapan Mulia, dari 30 orang, biasanya yang ditensi tidak sampai lima orang yang mengalami hipertensi," kata dia.

Dia berpesan agar masyarakat rutin menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan yang sehat dan selalu meluangkan waktu untuk berolahraga.

"Harus banyak makan sayur dan buah buahan. Yang harus kita jaga itu, gula, garam dan lemak, harus kita kurangi. Apalagi sudah mencapai umur 40 tahun," tambahnya. (ble/jee)