Kamis, 19 September 2019


Citra Tinjau Titik Hotspot di Simpang Hilir

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 97
Citra Tinjau Titik Hotspot di Simpang Hilir

Padamkan Kebakaran – Bupati Kayong Utara, Citra Duani ikut memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Simpang Hilir, Selasa (13/8). Minimnya pasokan air dan lahan hambut yang terbakar menyulitkan upaya pemadaman.

SUKADANA, SP - Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengunjungi titik hotspot kebakaran hutan dan lahan di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu, Desa Nipah Kuning, Kecamatan Simpang Hilir, Selasa (13/8).

Di lokasi, Citra juga ikut membantu memadamkan api di lahan yang terbakar, dengan anggota pemadam dan warga setempat. Menurut Citra, kebakaran lahan sulit dilakukan karena lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dam terbatasnya sumber air.

"Saya melihat kebakaran yang terjadi ini karena lahan di sini, tanahnya gambut dab sumber air juga sulit, sehingga api susah dipadamkan dan menjalar ke perkebunan warga,” kata Citra.
 
“Namun dengan bantuan anggota pemadam kebakaran dan warga, alhamdulillah api yang tadinya sudah hampir menghanguskan perkebunan warga sudah bisa dipadamkan," sambung Citra. 

Untuk memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Simpang Hilir, tim pemadam kebakaran membagi armadanya menjadi dua kelompok di ditugaskan memadamkan kebakaran di titik kebakaran, yakni di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu.

“Karena dua daerah ini lahannya gambut, sehingga api mudah menjalar hingga ke pemukiman warga,” jelas Citra.

 
Kebakaran lahan yang terjadi di Kayong Utara mematik kekhawatiran Citra. Karenanya, ia mengimbau masyarakat agar segera melakukan pemadaman, jika melihat titik api.

"Saya mengimbau masyarakat selalu berjaga serta mengontrol titik api, bila melihat sekecil apapun sumber api, segera padamkan,” pintanya. (hms/jee)