Kamis, 19 September 2019


Pemkab Diminta Menjaga dan Melestarikan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 113
Pemkab Diminta Menjaga dan Melestarikan

FOTO BERSAMA - Tim Kalimantan Barat foto bersama para Tim Ahli Penetepanan WBTB Nasional di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, beberapa hari lalu.

Musik Senggayong Sukadana asal Kabupaten Kayong Utara, ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional oleh setelah melalui proses di Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Penetapan musik Senggayong menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional, dikatakan Kabag Humas Pemkab kayong Utara, Jumadi Gading melalui perjuangan panjang yang dilakukan Dinas Pendidikan Kayong Utara. Pengusulannya sudah dilakukan sejak 2017.

 “Senggayong masuk Warisan Budaya Indonesia, khususnya Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang terancam punah dan diperlukan generasi penerus,” jelas Jumadi yang ikut serta dalam sidang WBTB Nasional yang di gelar di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, beberapa hari lalu.

Dikatakan Jumadi, Musik Senggayong berhasil menjadi WBTB setelah melewati tahap pendaftaran dan verifikasi yang dilakukan Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Terima kasih atas bantuan penulis Agus Kurniawan, Tim Pembuat Film Senggayong dan dukungan penuh dari maestro dan seniman Senggayong, serta budayawan di Kayong Utara,” jelasnya.

Sidang WBTB Nasional Musik Sembayong juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kayong Utara, Ismail dan beberapa dari kalangan Pemprov Kalbar.

 “Kita bersyukur Senggayong sudah ditetapkan menjadi WBTB Nasional,” tutur Ismail.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjenbud Kemendikbud, Nadjamuddin Ramly meminta agar semua daftar WBTB senantiasa dijaga dan dilestarikan.  

"Pelesatariannya dilakukan sesuai aturan berlaku, di mana harus dilakukan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan," katanya.

Pemerintah daerah juga diminta terus melakukan tindak lanjut, setelah karya budaya daerahnya ditetapkan menjadi WBTB Nasional.

Tercacat terdapat 272 usulan karya budaya WBTB yang ikut sidang dan sebanyak 267 karya budaya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda 2019 dan Kalbar berhasil meloloskan sembilan WBTB.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyatakan dukungannnya untuk pengembangan Musik Senggayong. 
“Ke depan kita akan terus mempromosikan Sengayong di dalam setiap event yang ada,” kata Citra. (syarif muhamad/jee)