Kamis, 19 September 2019


Aulia Wakili Kalbar di Lomba Sains Tingkat Nasional

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 158
Aulia Wakili Kalbar di Lomba Sains Tingkat Nasional

JUARA - Aulia Istiqomah (mengenakan cadar) siswi MAN 1 Sukadana, juara tingkat provinsi di Kalbar dalam ajang Lomba Sains Bidang Biologi. Ist

Aulia Istiqomah, siswi kelas XI Kayong Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, menjadi Juara 1 dalam Lomba Biologi Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Provinsi di Pontianak Kalimantan Barat.

Aulia akan mewakili Kalimantan Barat dalam lomba tingkat nasional pada bulan September mendatang di Manado, Sulawesi  Utara.

"Awalnya saya  tidak  percaya,  kalau saya dapat juara satu padahal saya kurang persiapan, saya sangat bahagia sekali," kata Aulia  saat dihubungi di Sukadana.

Menurut Aulia, dirinya sangat bahagia dikarenakan bisa memberikan kado terindah untuk Kayong Utara yang saat ini sedang merayakan hari jadi ke-14.

"Semoga, kedepannya saya bisa memberikan terbaik untuk Kayong Utara dan Kalimantan Barat saat lomba tingkat nasional nanti," doanya.

Kepala Sekolah MAN 1 Sukadana Kayong Utara, Tri Nurdewi mengatakan, prestasi ini merupakan  suatu catatan sejarah bagi sekolahnya yang baru disahkan menjadi sekolah negeri.

"Alhamdulillah bersyukur kita jadi termotivasi. Jadi kualitas pendidikan itu harus menjadi nomor satu. Ini menjadi kebanggaan kita semua, artinya orang daerah juga  mampu, mampu keluar," kata dia.

Walaupun persiapannya kurang maksimal, namun berkat dukungan dari tenaga  guru yang mumpuni, sekolahnya yang mengutus  enam mata pelajaran tersebut   bisa membuahkan hasil yang baik.

"Artinya kedepannya kita akan lebih mempersiapkan diri lebih maksimal untuk ajang nasional di Manado pada 15 september 2019," ujar dia.

Ditambahkannya, secara pribadi, Aulia Istiqomah menurutnya, dikenal baik, cerdas dan ramah  serta mudah bergaul dengan baik dengan kawan sejawatnya.

"Aulia  memang dari sekolah  MTS, jadi keinginannya untuk  memperdalam ilmu agama dan ilmu umum sangat tinggi. Aulia juga dalam ikut lomba kemarin itu memiliki trik sendiri, yaitu hanya menjawab soal yang ia bisa saja. Sedangkan masih ada 10 soal yang ia tidak jawab dikarenakan susah,  kalau dijawab benar itu 5 pointnya, kalau dijawab salah minus 2, sedangkan kalau tidak dijawab minus 1, memang trik ini kita kasih sejak tingkat kabupaten kemarin," jelasnya. (ant/ble/bob)