Minggu, 20 Oktober 2019


ASRI Gelar Kampanye Bersama Komunitas Pemuda

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 68
ASRI Gelar Kampanye Bersama Komunitas Pemuda

KAMPANYE – Komunitas pemuda bersama pengurus Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) menunjukan poster bertuliskan kekhawatiran terhadap Karhutla dank abut asap yang terjadi di Kayong Utara. Ist

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) bersama komunitas pemuda di Kayong Utara menggelar Planetary Health Campaign di Pantai Pulau Datok, kemarin.

Kegiatan diisi dengan kampanye bersama tentang melawan asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Acara tersebut dihadiri 17 komunita kepemudaan di Kayong Utara.

Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani, mengatakan ada banyak dampak akibat Karhutla, mulai dari kesehatan manusia hingga kesehatan alam.

“Kabut asap menyebabkan penyakit seperti iritasi mata dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Kandungan asap terutama karbon monoksida dan PM10 dapat berakibat buruk pada sistem pernafasan kita,” kata Nur.

“Sedangkan dampak untuk alam di antaranya adalah tanah gambut yang terbakar tidak dapat berfungsi lagi untuk menyerap air, sehingga di masa depan kita terancam mengalami kebanjiran,” lanjutnya.

Ditambahkan dia, semua peserta dari anak, remaja hingga orang dewasa sepakat bahwa budaya membakar hutan dan lahan harus dihentikan. Keresahan dan kekhawatiran dari bencana kabut asap ini dituangkan dalam poster yang dibuat oleh masing-masing perwakilan komunitas. 

‘Peserta dengan poster kemudian didokumentasikan dalam foto dan video yang akan menjadi bahan kampanye digital," jelasnya.

Setelah pembuatan foto dan video para peserta kampanye membagikan ratusan masker ke masyarakat dan pengunjung di sekitar Pantai Pulau Datok. 

Nur juga mengingatkan masyarakat untuk rajin menggunakan masker saat beraktivitas di tengah kabut asap, banyak minum air putih, dan makan sayuran serta buah-buahan yang tinggi anti-oksidan seperti tomat, apel, mangga, nanas, pepaya, dan buah naga. (syarif muhammad/jee)