Minggu, 20 Oktober 2019


Kayong Utara Kerja Maksimal Padamkan Karhutla

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 68
Kayong Utara Kerja Maksimal Padamkan Karhutla

Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat turun memadamkan karhutla di wilayahnya kemarin. IST

KAYONG UTARA, SP - Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan seluruh Satuan Tugas Karhutla sudah bekerja maksimal.

“Dari beberapa hari yang lalu kami sudah kerahkan seluruh kekuatan yang ada untuk memadamkan api pada beberapa lokasi," terangnya, Rabu (18/9).


Dari hasil tersebut, titik api di dekat rumah sakit sudah aman. Demikian pula SMP Negeri 3. Malah di lapangan, ada lahan perusahaan yang kebun sawitnya terbakar.

"Tidak mungkin kalau mereka yang membakar kebun sawitnya sendiri. Setelah kami hari ini (Rabu, 18/9) ke lokasi, ternyata api berasal dari lahan di luar perusahan atau kiriman dari luar," terangnya.

Angin kencang kerap membawa bara api terbang ke lahan lain. Hal ini yang menyulitkan mencari pelaku pembakaran. Terutama di malam hari. Hingga kini, belum ada perusahaan yang disinyalir bakar lahan. Namun yang lahannya terbakar telah disegel.

Dia memastikan, karhutla di Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir sampai Kecamatan Seponti, sudah teratasi. Guna mengantisipasi, ada beberapa desa yang gotong-royong membersihkan lahan kering.

Sementara Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep I. Rosadi menyampaikan semua kasus karhutla di Kayong Utara masih dalam penyelidikan semua.

"Kecuali ada satu kasus di Kecamatan Seponti dengan dua orang tersangka pembakaran yang sudah tahap 1," ungkap Kapolres.

Diinformasikannya, untuk lahan-lahan lainnya masih dalam penyelidikan, yang 90 persen lebih berada di lahan masyarakat. Sementara untuk di lahan konsesi atau HGU, sudah disegel.

"Khusus di lahan masyarakat ini, diprioritaskan pembakaran yang merugikan fasilitas umum. Seperti di Semanai yang mengakibatkan terbakarnya Sekolah Dasar, yang sedang dilakukan penyelidikan," tukasnya. (ble)