Sabtu, 19 Oktober 2019


Pemkab Diminta Beri Bantuan Air Bersih ke Masyarakat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 55
Pemkab Diminta Beri Bantuan Air Bersih ke Masyarakat

Anggota DPRD Kayong Utara, Abdul Muis

SUKADANA, SP – Anggota DPRD Kayong Utara, Abdul Muis meminta pemerintah daerah maksimal memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang di daerahnya mengalami krisis air bersih.

“Saya berharap pemerintah memaksimalkan ikhtiar untuk menyuplai penyediaan air bersih dan jangan tutup mata,” katanya, kemarin.

Menurut Abdul Muis, usaha masyarakat yang dilakukan mandiri untuk mengatasi krisis air bersih sudah maksimal dilakukan. Namun karena keterbatasan persoalan pemenuhan air beris masih belum dapat dilakukan.

“Permasalahan krisis air bersih nyata terjadi hampir merata di Kayong Utara, ini bukan lagi soal pemenuhan kebutuhan, tapi masalah kemanusiaan. Pemkab harus maksimal membantu,” pintanya.

Kamarau panjang yang terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Barat, termasuk di Kayong Utara, menyebabkan berbagai persoalan. Selain krisis air bersih Kayong Utara saat ini juga dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sehingga menyebabkan kabut asap yang mengganggu kesehatan masyarakat.

Ditambahkan Muis, sejatinya Pemkab Kayong Utara punya dana tanggap darurat untuk diturunkan pada saat saat genting seperti ini.

"Soal Karhutla, BPBD saya lihat sudah maksimal cuma terbatas jumlah personil dan pembiayaan," pungkasnya. (ble/jee)