Senin, 09 Desember 2019


Pemkab Kayong Utara Hibahkan Lahan untuk Basarnas

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 69
Pemkab Kayong Utara Hibahkan Lahan untuk Basarnas

PENGARAHAN – Petugas Basarnas mendengarkan pengarahan sebelum menjalani aktivitas pekerjaan. Di Kayong Utara, rencana pembentukan Basarnas telah masuk tahap penyelesaian hibah lahan.

SUKADANA, SP – Pemkab Kayong Utara akan menghibahkan lahan di pesisir Sungai Teluk Batang untuk dibangun pos Badan SAR Nasional (Basarnas).

"Ini merupakan harapan masyarakat dan ditunggu oleh Pemkab Kayong Utara, Basarnas akan mendirikan pos di sini. Ini merupakan buah dari hasil permintaan kita dan jawaban dari hasil kunjungan saya ke Basarnas Pontianak, beberapa waktu yang lalu," kata Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad, belum lama ini.

Peninjauan lokasi juga untuk menentukan titik lokasi tanah dan luas yang dapat dihibahkan untuk dibangun pos pelabuhan sehingga kapal Basarnas dapat bersandar.

"Lokasinya di pesisir Sungai Teluk Batang, tidak jauh dari pelabuhan milik perhubungan dan luasnya mereka minta minimal lebar 60 meter, panjang 25 meter, karena akan ada kapal sepanjang 40 meter yang akan bersandar di sini," ujar Effendi.

Kecamatan Teluk Batang dinilai menjadi tempat yang strategis, karena menghubungkan seluruh kecamatan di Kayong Utara, Kabupaten Kubu Raya serta perairan Selat Karimata, sehingga layak dijadikan Pos Basarnas.

"Dengan adanya Pos Basarnas di sini masyarakat dan pemerintah Kayong Utara akan sangat terbantu dan akan mendapatkan perlindungan jika terjadi bencana.," ujar dia.

Effendi berharap kehadiran Tim Basarnas Pontianak merupakan pertanda awal agar regu pencari dan penyelamat itu segera beroperasi di wilayah Kayong Utara, dan apabila diperlukan pihaknya akan menyiapkan kantor sementara.

"Tentu hasil kunjungan mereka ini dilaporkan ke pusatnya dulu dan mendapatkan persetujuannya. Setidaknya Pemkab Kayong Utara sudah menunjukkan keseriusan melengkapi administrasinya, menyiapkan lahan dan jika diperlukan kita siapkan kantor sementara untuk Basarnas. Kita harap awal tahun depan mereka sudah beroperasi di sini," harap Effendi. (ant/jee)