Senin, 09 Desember 2019


Kepulauan Karimata Segera Masuk Listrik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 69
Kepulauan Karimata Segera Masuk Listrik

Ilustrasi Wesi

SUKADANA, SP – Tak lama lagi, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara bakal teraliri listrik PLN. Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus melakukan terobosan dalam percepatan pembangunan infrastruktur dasar hingga ke desa terpencil. 

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan pemenuhan infrastruktur dasar seperti jaringan listrik PLN terus diupayakan masuk ke desa- desa terpencil, di samping pembangunan jalan, jembatan dan irigasi serta air minum. 

“Contoh desa terpencil itu yakni Kepulauan Karimata yang sebagian besar penduduknya dihuni masyarakat nelayan yang hingga kini belum teraliri listrik dari PLN,” kata Citra saat melakukan sosialisasi dengan masyarakat di Kantor Camat Kepulauan Karimata, Desa Pelapis, Kabupaten Kayong Utara. 

Hadir pada sosialisasi itu GM PT PLN Persero Wilayah Kalimantan Barat, Agung Murdifi, Kapolres Kayong Utara, Asep I Rosadi, Kepala Cabang Bank Kalbar Sukadana, Sabirin, Pelaksana Tugas Kadis Sosial dan Pembangunan Masyarakat Desa, Hermanto, Pelaksana Tugas Kadis PU, Tommy Djunaidi, Sekrertaris Dinas Kesehatan, Makmun, Kadis Pendidikan yang diwakili Kapela Bidang Ketenagaan, Ismail, Camat Kepulauan Karimata, Kamarudin dan Rosiharnadi Kepala Desa Pelapis..

“Kehadiran listrik PLN sangat dinanti masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga di pulau yang berpenduduk sekitar 3.511 jiwa itu,” kata Citra. 

Agar hal tersebut dapat segera terwujud, pihaknya bekerjasama dengan PT PLN Wilayah Kalbar guna mendorong percepatan pembangunan pembangkit listrik sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa dinikmati oleh masyarakat Kepulauan Karimata, khususnya Desa Pelapis, Betok, Padang dan sekitarnya hingga Pulau Serutu yang berbatasan dengan Kepulauan Belitung. 

Sementara untuk mengatasi krisis listrik, Pemkab Kayong Utara bekerjasama dengan Perusahaan PT Raja Intan sudah mengaliri listrik di dua desa yaitu Desa Betok dan Desa Padang dengan Kapasitas 900 watt per rumah. Namun, dengan kapasitas sambungan yang masih terbatas, untuk jangka panjang aliran listrik ini akan diserahkan kepada PT PLN.

Bangun Pembangkit Listrik

Sementara itu, GM PT PLN Persero Wilayah Kalbar Agung Murdifi menyambut baik gagasan ini dan sangat serius untuk segera membangun pembangkit listrik yang lebih memadai dan bernilai ekonomis dengan mendayagunakan potensi yang tersedia. Potensi itu antara lain memanfaatkan sumber air gunung untuk mikro hidro dan tenaga surya. 

“Pada kesempatan ini kita juga menurunkan tujuh orang tim survey, termasuk dua orqang dari Bandung dan selebihnya lima orang dari unsur PLN wilayah Kalbar. Kita usahakan secepatnya. Insya Allah mulai tahun depan kita sudah melakukan action secara bertahap dan diharapkan tahun 2021 atau 2022 sudah bisa dinikmati masyarakat,” jelas Agung Murdifi.

Selanjutnya, demi mendukung program Bupati Kayong Utara, Kapolres Kayong Utara, Asep I Rosadi akan menugaskan beberapa anggota polisi untuk ditempatkan di Kecamatan Kepulauan Karimata sehingga masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan polisi di daerahnya.

Kemudian, Asep juga akan memprogramkan pendidikan dan pembinaan terhadap anak-anak Kepulauan Karimata untuk dijadikan anggota polisi yang kemudian akan ditugaskan di daerahnya.

"Untuk jangka panjangnya, kami akan melaksanakan program pendidikan dan pembinaan terhadap anak-anak atau pemuda yang berusia 17 atau 18 tahun yang berasal dari Kepulauan Karimata,” katanya.

“Kemudian, saya akan meminta rekomendasi kepada Kapolda untuk meluluskan calon polisi yang berasal dari Kepulauan Karimata dengan melalui standar dan tes tertentu. Kemudian, nanti akan kita sampaikan ke pimpinan apabila mereka lulus dan sudah dilantik menjadi polisi akan kita tugaskan di Kecamatan Kepulauan Karimata," ungkapnya.

Kunjungan kerja bupati dan rombongan ke daerah ini juga diisi dengan pelayanan kesehatan gratis dan sekaligus menyerahkan penghargaan dan bantuan cuma-cuma kepada ibu-ibu menyusui anak selama enam bulan berturut-berturut termasuk kepada ibu hamil. 

Setelah itu rombongan meninjau lokasi rencana perluasan bangunan Puskesmas Desa Pelapis pada tahun anggaran 2020, meninjau pembangunan tambahan ruang kelas SD Negeri dan pembangunan jalan gunung dari desa Telok Genting menuju Tanjung Terong sepanjang 1,4 kilometer. 

“Jalan ini sudah lama dikeluhkan warga karena medannya cukup berat yang merupakan lalu lintas orang dan barang, terutama anak sekolah SD dan SMP yang setiap hari naik turun gunung. Tentu hal ini melelahkan mereka. Alhamdulillah sekarang kita bangun,” kata Citra Duani. (hms/bah)

Optimistis Terwujud

Camat Kepulauan Karimata, Kamarudin menyambut gembira dengan rencana ini dan pihaknya berkeyakinan hal ini dapat segera terwujud. 

“Karena yang turun ke lokasi ini adalah orang PLN nomor satu di Kalbar, kita yakin listrik akan segera terwujud. Kami bersama masyarakat siap bahu-membahu untuk mewujudkan impian besar ini,” tutur Kamarudin.

Sementara Kades Pulau Pelapis, Rosiharnadi atas nama warganya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kayong Utara yang telah memberikan perhatian yang besar di desanya untuk mewujudkan impian masyarakat. 

“Meskipun akan dilaksanakan secara bertahap, tapi kami yakin listrik PLN dapat menerangi pulau ini,” pungkasnya. (hms/bah)