Minggu, 19 Januari 2020


Tingkatkan Pengelolaan Manajemen Profesional

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 104
Tingkatkan Pengelolaan Manajemen Profesional

Sambutan – Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad menyampaikan sambutan saat Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan Koperasi Kayong Utara di Aula Gedung Anugerah Sukadana, Kamis (5/12).

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus berupaya melakukan pembinaan, pelatihan, penyuluhan dan pendampingan kepada pengurus koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Koperasi dan UMKM merupakan salah satu lembaga ekonomi yang dapat menggerakan demokrasi ekonomi, sehingga melalui Koperasi yang lebih mengutamakan kepentingan bersama.

“Sehingga kesejahteraan anggota akan meningkat dan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad saat membuka Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan Koperasi Kabupaten Kayong Utara di Aula Gedung Anugerah Sukadana, Kamis (5/12).

Effendi juga mengatakan, koperasi harus berperan mendorong munculnya ekonomi biaya rendah dan memacu efesiensi yang bersifat teknis, sehingga bisa menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.

"Sehingga koperasi mampu menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, terutama yang datang dari kekuatan usaha yang lebih besar dan mendominasi dalam pasar dan harga," ucapnya.

Effendi berharap kegiatan yang diselenggarakan menciptakan pengurus koperasi yang semakin cerdas dan berkualitas dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitasnya.

“Peningkatan kualitas ini yang menjadi kunci dan prioritas dalam program pemberdayaan koperasi di Kayong Utara,” ujar Effendi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perdagangan Kayong Utara, Elyani menjelaskan salah satu kelemahan koperasi di Kayong Utara adalah masalah kelembagaan, khususnya dalam organisasi dan manajemen yang belum dikelola profesional.

Kondisi ini mengakibatkan koperasi tidak bisa berjalan efektif dan efisien. Karenanya diperlukan bimbingan untk meningkatkan pengetahuan pengurus koperasi.

Elyani juga mengungkapkan koperasi harus didukung dengan organisasi dan manajeman jujur dan handal agar koperasi lebih maju.

"Maju mundarnya organisasi ditentukan oleh manajemen organisasi, sehingga perlu didukung manajemen profesional dab pengelolaan yang jujur dan handal, sehingga koperasi maju dan berkembang," pungkasnya. (hms/jee)