Sabtu, 18 Januari 2020


Evaluasi APBDes Dilakukan Tingkat Kecamatan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 153
Evaluasi APBDes Dilakukan Tingkat Kecamatan

Sambutan – Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Oma Zulfithansyah menyampaikan sambutan saat cara pembekalan Tim Evaluasi Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Kayong Utara di Hotel Mahkota Kayong, Senin (9/12). ist

Pemerintah desa di Kayong Utara dituntut melaksanakan amanat Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Ketentuan Lain yang Mengatur Tentang Desa.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Oma Zulfithansyah saat membuka acara pembekalan Tim Evaluasi Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Kayong Utara di Hotel Mahkota Kayong, Senin (9/12).

"Agenda ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan memastikan penempatan jenis pendapatan, belanja dan pembiayaan sesuai dengan ketentuan dan memastikan APBDes yang disusun Pemdes selaras dengan RPJMDES dan program kegiatan kabupaten yang masuk ke desa," kata Oma.

Menurut Oma, anggaran pendapatan dan belanja desa merupakan wujud dari pengelolaan keuangan desa yang dibahas dan disepakati oleh Pemdes dan BPD secara terbuka untuk kemakmuran masyarakat.

"Kades dan BPD harus menyusun APBDes sesuai kebutuhan dan kewenangan desa berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran," terangnya.

Untuk memaksimalkan peran camat dalam Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes, mulai tahun 2020 bupati mendelegasikan evaluasi ke masing masing camat.

"Kepada Kepala Bagian Hukum dan Dinas SP3APMD segera siapkan draf surat keputusan bupati. Sebagaimana diketahui maksud diterbitkan camat untuk segera membentuk tim evaluasi yang terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota," tegasnya. (humas/jee)