Sabtu, 18 Januari 2020


Citra Apresiasi Kinerja Kementerian ATR/BPN

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 65
Citra Apresiasi Kinerja Kementerian ATR/BPN

Penyerahan sertifikat – Bupati Kayong Utara, Citra Duani foto bersama warga Kayong Utara yang menerima sertifikat tanah dari Kementerian ATR/BPN di gedung Pontianak Convention Center, Senin (10/12).

SUKADANA, SP – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menghadiri penyerahan 4.627 sertifikat tanah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN kepada enam kabupaten di Kalbar. Total luas tanah dari jumlah sertifikat yang dibagikan mencapai 5.350 hektare. Pembagian sertifikat dilakukan di gedung Pontianak Convention Center, Senin (10/12).

Di sela acara, Citra menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kementerian ATR/BPN, khususnya Kantor Pertanahan Kayong Utara.

“Banyak program telah terealisasi dan program tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Citra.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Direktur Jenderal Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang dan Tanah, Raden Bagus Agus Widjayanto dampingi Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Barat, Ery Suwondo serta Pangdam XII Tanjung Pura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad.

Raden Bagus Agus Widjayanto berharap masyarakat yang telah mendapat sertifikat tanah agar digunakan dengan baik untuk meningkatkan pendapatan.

"Sertifikat redistribusi tanah tersebut berasal dari eks HGU (hak guna usaha) yang tanahnya telah dinyatakan telantar. Hari ini, program redistribusi atas pelepasan kawasan hutan 5.350 hektare," ungkap Raden.

Karena, menurut dia, ketimpangan pendapatan di masyarakat, salah satunya karena belum memiliki sertifikat tanah. 

"Kami juga berharap masyarakat agar menjaga tanahnya masing-masing, sehingga tidak terjadi sengketa di bidang pertanahan," harapnya.

Raden menjelaskan target pelepasan kawasan hutan seluruh Indonesia sekitar empat juta hektare lebih, dan hingga saat ini sudah 36.063 ribu bidang yang sudah dikeluarkan sertifikatnya atau sekitar 26.259 hektare atau masih banyak yang perlu dilakukan. (hms/jee)