Selasa, 21 Januari 2020


Sekda Minta Data Kemiskinan Update Periodik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 72
Sekda Minta Data Kemiskinan Update Periodik

Sambutan – Sekda Ketapang, Hilaria Yusnani saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kayong Utara di Pendopo Bupati, Senin (9/12). Hilaria meminta data kemiskinan di Kayong Utara diupdate periodi

Program perlindungan sosial termasuk Program Keluarga Harapan (PKH)  semestinya diarahkan tidak semata untuk melindungi warga dari gejolak pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai alat memacu pertumbuhan ekonomi yang inklusif dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani saat membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kayong Utara di Pendopo Bupati, Senin (9/12). Hilaria juga menginginkan agar data kemiskinan selalu diupdate secara periodik.

"Mengingat kemiskinan bersifat dinamis, saya menginginkan agar data-data kemiskinan harus update secara periodik untuk menghindari atau mereduksi adanya inclussion error atau exclussion error dalam penyaluran bantuan sosial," ungkapnya.

Kemudian Hilaria menjelaskan, bantuan sosial harus menciptakan hubungan positif antara keamanan mata pencaharian dan peningkatan otonomi, atau pemberdayaan bagi warga miskin secara menyeluruh, sehingga tujuan PKH bisa tercapai, meskipun nilai bantuannya belum memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar sepenuhnya.

"Saya berharap dengan adanya bantuan sosial PKH ini dapat membuka jalan bagi warga miskin untuk berinvestasi dan mengakumulasi lorong-lorong strategis supaya keluar dari kemiskinan dengan meningkatkan taraf pendidikan, kesehatan dan ekonomi," tutupnya.

Rakor diselenggarakan oleh Bidang Sosial pada Dinas SP3APMD Kayong Utara dan dihadiri koordinator regional Kementerian Sosial Republik Indonesia, Sarah Oktavia sekaligus sebagai narasumber kegiatan.