Rabu, 13 November 2019


Aksi Hamburkan Uang, Kadis PU Ketapang Bungkam

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1026
Aksi Hamburkan Uang, Kadis PU Ketapang Bungkam

Aksi hamburkan uang pecahan Rp 5 ribu di Kantor Dinas Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu (ist)

KETAPANG, SP - Meskipun terus mendapat kecaman  dari berbagai pihak, Kepala Dinas (Kadis) PU Ketapang, Donatus tetap  menolak memberikan keterangan, terkait aksi hambur uang di instansinya. Bahkan, dirinya terkesan  mengabaikan perintah Wakil Bupati Ketapang, Suprapto yang memintanya untuk mengklarifikasi kejadian tersebut, Kamis (28/7).

Sebelumnya, sejumlah awak media berusaha untuk mewawancarai orang nomor satu di Dinas PU Ketapang tersebut. Jauh panggang dari api, yang bersangkutan justru sama sekali enggan berkomentar dan memberikan tanggapan.

Padahal, aksi tak terpuji yang dilakukan oleh pegawainya tersebut, telah menjadi buah bibir di berbagai kalangan. Tak ayal, menimbulkan opini publik tentang kinerja Dinas PU Ketapang.

Kepada awak media yang berjam-jam menunggu di Kantor PU Ketapang, Rabu (27/7). Donatus menyatakan tak mengetahui aksi tersebut. Dirinya, justru meminta para wartawan mengkonfirmasi kejadian itu ke sekretaris dinas.

Aksi lempar tanggung jawab ini pun, sontak mendapat respon dari Wakil Bupati Ketapang, Suprapto yang menelepon satu di antara awak media untuk kembali mendatangi Kadis PU, guna meminta klarifikasi, terkait aksi menghamburkan uang.

"Datangi lagi pak Donatus, minta klarifikasinya. Bilang saja ke dia saya (wabup-red) yang menyuruh awak media, agar yang bersangkutan memberikan tanggapan," ungkap Wabup Ketapang, Suprapto melalui via telepon ke salah satu awak media, Kamis (28/7) siang.

Wabup juga mengaku telah menindaklanjuti persoalan tersebut, dengan memanggil yang bersangkutan, Selasa (26/7).
"Saya sudah berikan teguran. Kita tidak ingin kejadian ini terulang kembali. Selain itu, saya juga telah sampaikan surat resmi ke Bagian Kepegawaian, agar melakukan pembinaan kepada pegawai PU," terangnya.

Usai mendapat telepon dari Wabup, beberapa awak media langsung menuju Kantor PU Ketapang, guna mengkonfirmasi kembali kejadian hambur uang kepada Donatus.

Setiba di depan ruangan Kadis PU Ketapang, sejumlah awak media diminta antre menunggu giliran masuk oleh salah seorang pegawai. Setelah menunggu hingga berjam-jam lamanya, yang bersangkutan pun tak kunjung merespon kedatangan awak media.

Bahkan, orang nomor satu di Dinas PU Ketapang tersebut, keluar ruangan dan langsung menuju ke kendaraannya.
Padahal, sejumlah awak media telah menyampaikan maksud dan tujuannya, serta mengantarkan pesan Wakil Bupati Ketapang, Suprapto.

Namun, yang bersangkutan dengan angkuhnya menolak memberikan klarifikasi, terkait aksi tak terpuji yang dilakukan oleh bawahannya.

"Apa yang mau dijawab, saya tidak tahu menahu," singkatnya sembari masuk ke dalam mobil.

Beri Teguran dan Pembinaan

Kepala Bagian Kepegawaian Setda Ketapang, Repalianto menyayangkan terjadinya aksi menghambur-hamburkan uang yang dilakukan oleh sejumlah pegawai di Dinas PU Ketapang. Terlebih, terjadi pada acara halal bihalal.


Untuk itu, dirinya berharap agar aksi tak terpuji tersebut, tidak terulang kembali terjadi di Dinas PU, bahkan di instansi Pemkab Ketapang lainnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera memanggil pegawai yang terlibat, untuk memberikan teguran dan pembinaan. "Semua yang terlibat akan kita panggil. Ke depannya kejadian ini tidak kembali terulang," mintanya.

Ia mengaku telah mendapat surat resmi dari Wakil Bupati Ketapang, Suprapto, yang memintanya untuk menindaklanjuti aksi menghambur-hamburkan uang di Dinas PU Ketapang .

"Kita akan lakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu, untuk mengetahui jenis pembinaan yang akan diberikan,” tuturnya. (teo/bob/sut)