BMKG Ketapang: Hari Ini, Waspada Hujan Lebat dan Angin Puting Beliung

Ketapang

Editor sutan Dibaca : 1043

BMKG Ketapang: Hari Ini, Waspada Hujan Lebat dan Angin Puting Beliung
Ilustrasi
KETAPANG, SP - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Nur Alim mengimbau seluruh masyarakat pada  13 kecamatan yang rawan potensi banjir serta tanah longsor untuk waspada cuaca pada hari ini,  Jum'at (18/11).

Menurut prakiraan BMKG pusat, Jum'at (18/11) diperkirakan terjadi potensi cuaca yang signifikan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Ketapang. 

"Untuk waspada, karena potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan longsor," ungkapnya.

Saat ini, ia menambahkan, bencana alam yang berpotensi terjadi di wilayah Ketapang, ialah angin puting beliung. Pasalnya, angin puting beliung dipicu suhu panas yang berbenturan dengan suhu dingin secara mendadak. 

Misalnya, pada saat pagi hari, cuaca panas terus menerus terjadi hingga pukul 14.00 WIB, mendadak tumbuh awan CB yang tebal, maka ini merupakan salah satu tanda adanya puting beliung.  

Di samping itu, untuk gelombang tinggi laut, terang Alim, berpotensi terjadi di perairan Kendawangan yang mengarah ke laut Jawa, dengan tinggi gelombang berkategori sangat rawan untuk perahu dan kapal kecil nelayan.

"Untuk nelayan dengan kapal kecil, kita minta untuk berhati-hati, karena potensi gelombang tinggi ada, khususnya di perairan Kendawangan ke arah laut jawa," tuturnya. (teo)