Demi Kelancaran Lalin, Tugu Bundaran Agoesdjam Dibongkar

Ketapang

Editor Soetana hasby Dibaca : 1306

Demi Kelancaran Lalin, Tugu Bundaran Agoesdjam Dibongkar
BONGKAR TUGU - Pembongkaran Tugu Agoesdjam Ketapang, Selasa (6/12). (SP/Theo Bernadhi)
KETAPANG, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang membongkar Tugu Bundaran Agoesdjam Ketapang, Selasa (6/12) sore. Pembongkaran dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas (Lalin) di Kota Ketapang.

Prosesi pembongkaran diawali dengan tepung tawar, budaya Melayu karena tugu  tersebut identik dengan simbol adat Melayu. Pembongkaran disaksikan Bupati Ketapang Martin Rantan bersama MABM Ketapang.

“Pemda dalam hal ini meminta kepada Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Ketapang untuk mengikhlaskan pembongkaran ini," kata Martin Rantan saat ditemui di lokasi pembongkaran.

Bupati menegaskan tugu akan dibangun kembali di dekat lokasi. “Di lahan kosong milik Rumah Sakit Agoesdjam Ketapang. Kita rencnakan pembangunan tugu pada tahun 2017," ungkap Martin.

Ketua Harian MABM Ketapang, Junaidi SP menyatakan MABM  mengikhlaskan pembongkaran tugu yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. "Kita ikhlaskan pembongkaran tugu ini. Apalagi tugu ini akan kembali dibangun di sekitar lokasi awal tugu," kata dia. (teo)