Rabu, 18 September 2019


Ini Alasan 11 Cakades Kalah Menggugat

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 865
Ini Alasan 11 Cakades Kalah Menggugat

Ilustrasi

KETAPANG, SP - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (PMD KB) Ketapang, Muslimin membeberkan alasan 11 calon kepala desa (Cakades) yang kalah pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis (8/12) pekan lalu.

Alasan ke 11 Cakades beragam, menjurus kepada praktik kecurangan saat pemungutan suara, dan dugaan ketidaknetralan panitia pemungutan suara.

Muslim merinci alasan para penggugat seperti empat Cakades yang menggugat hasil  Pilkades Desa Pengatapan Raya, Kecamatan Tumbang Titi.

Yakni, undangan pemungutan suara digunakan atas nama orang lain, saksi dari salah satu Cakades yang tidak dilibatkan panitia ketika mendatangi rumah pemilih yang sedang sakit, ditengarai  anggota panitia pemungutan suara mengarahkan pemilih.

Sementara empat Cakades beralasan menggugat hasil Pilkades Desa Sei Kelik, Kecamatan Nanga Tayap, daftar pemilih tetap (DPT) yang digunakan panitia pemungutan suara tidak sesusai daftar yang valid, jumlah surat suara melebihi DPT, serta distribusi undangan yang tidak merata atau tidak diterima pemilih yang terdaftar.

BERITA TERKAIT:
11 Cakades Kalah Gugat Pilkades Serentak


Bentuk kecurangan lain yang dijadikan gugatan seorang Cakades yang kalah dalam Pilkades di Desa Karya Baru, Kecamatan Marau, perilaku berbeda diterapkan oleh panitia pemungutan suara seperti di TPS 1 Batang Belian, mendatangi pemilih yang sedang sakit. Sementara panitia TPS 2 Pesanggaran tidak melakukan hal tersebut. Selain itu, warga yang terdaftar di DPT tidak mendapatkan undangan mencoblos di TPS 2.

 Pilkades di Desa Tanjung Medan, Kecamatan Nanga Tayap, digugat dengan  alasan dugaan ‘serangan fajar’ dan money politik.

Terkait dengan sengketa Pilkades itu, Muslim menegaskan akan segara diselesaikan dan diputuskan. “Dalam penyelesaiannya tidak bisa diputuskan sepihak, isi gugatan akan dikaji, kemudian kami juga akan lihat Berita Acara Pelaksanaan Pilkades, dokumen-dokumen terkait serta akan mendatangkan panitia pelaksaan Pilkades yang mengetahui kejadian di lapangan. Baru nanti tim kabupaten yang akan memutuskan melalui kajian dan rapat tim," kata Muslim, Rabu (14/12).

Dikatakannya, putusan atas sengketa Pilkades akan dikeluarkan sebelum pelantikan para Kades terpilih. “Target kami kalau bisa sebelum pelantikan tanggal 29 Desember, persoalan gugatan selesai,"  pungkasnya. (teo)

Baca Juga:
Ujang Sumpit, “Saya Ingin Tahu Anak Saya Apakah Benar Tidak Perawan”

Ini Daftar 13 Kecamatan di Ketapang yang Rawan Longsor dan Banjir 

Polres Ketapang Tetapkan SU Tersangka Ilegal Logging di Sandai