Selasa, 12 November 2019


Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Alami Lonjakan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 804
Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Alami Lonjakan

PEMERIKSAAN – Petugas tengah memeriksa tiket dan barang bawaan penumpang yang hendak mudik ke Pulau Jawa menggunakan KM Dharman Fery II dari pelabuhan khusus PT Putra Segara Abadi, yang terletak di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan De

KETAPANG, SP - Menjelang mudik lebaran, jumlah penumpang yang hendak mudik menggunakan jasa transportasi laut mulai mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Pelonjakan terjadi di pelabuhan khusus PT Putra Segara Abadi yang terletak di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Rabu (14/6) malam.

Kapolres Ketapang, AKBP Sunario mengatakan, lonjakan jumlah penumpang terjadi pada jalur transportasi laut, tepatnya pada penumpang yang hendak mudik dari Ketapang menuju pulau Jawa dengan menggunakan KM Dharman Fery II.

"Lonjakan mulai terlihat tadi malam (Rabu-red). Ada sekitar 519 penumpang dengan jumlah kendaraan yang ikut dibawa mudik sebanyak 52 unit," ungkapnya, Kamis (15/6).

Ia melanjutkan, lonjakan ini dinilai cukup signifikan lantaran jika pada hari biasa KM Dharman Ferry II hanya membawa penumpang sebanyak 100 hingga 200 orang saja, namun pada arus mudik jumlah penumpang bisa meningkat tajam dibanding hari biasanya.

"Lonjakan penumpang mulai terjadi H-11 perayaan idul fitri dan diperkirakan akan terus berlanjut," tuturnya.

Ia menambahkan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, KM Dharman Ferry II melayani para penumpang yang hendak melakukan arus mudik sejak tanggal 14 Juni, 18 dan 22 Juni. Dari jadwal yang telah ditetapkan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada beberapa hari sebelum lebaran.

"Puncak arus mudik terjadi pada jadwal keberangkatan tanggal 18 dan 22 Juni nanti," jelasnya.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya melalui Polsek kawasan pelabuhan melakukan pengawasan dengan menurunkan anggota sebanyak 12 orang untuk melakukan penjagaan, dan pelayanan terhadap para penumpang KM DHARMA FERRY II pada saat keberangkatan kapal maupun saat kedatangan kapal.

"Selain bertugas melakukan pengawasan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, anggota juga ikut membantu mengatur penumpang dan kendaraan saat keluar serta masuk kapal sehingga tertib dan terhindar dari antrean panjang," katanya.

Iapun mengimbau kepada seluruh penumpang, penyedia jasa transportasi serta anggota kepolisian yang melakukan patroli, agar selalu berhati-hati menjaga barang bawaan agar tetap aman dan melakukan pengawasan serta monitor terhadap kendaraan yang berada di area pelabuhan. Upaya ini semata untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Alhamdulillah sampai saat ini semua berlangsung aman dan lancar," tuturnya. (teo/bob)