Rabu, 18 September 2019


Warga Miskin Terima Bantuan PKH

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 886
Warga Miskin Terima Bantuan PKH

FOTO BERSAMA - Bupati Ketapang, Martin Rantan, Kadis Sosial PP PA dan KB, Rustami, Pimpinan BRI Ketapang, dan warga penerima manfaat bantuan PKH foto bersama, di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Ketapang, kemarin.

KETAPANG, SP - Pemerintah tengah gencar meningkat kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kesejahteraan dan memutus mata rantai kemiskinan antar generasi. Demikian disampaikan Bupati Ketapang, Martin Rantan saat hadir pada acara Lauching Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada warga penerima manfaat di Kecamatan Delta Pawan, di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Ketapang, kemarin.

"Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial  bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat," terang Martin.

Adapun tujuan secara khususnya, untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga miskin, meningkatkan taraf hidup pendidikan anak-anak keluarga miskin, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan khususnya bagi anak anak keluarga miskin.

Kepada warga penerima program keluarga harapan, dirinya berpesan agar dapat memanfaatkan bantuan ini secara maksimal untuk kebutuhan keluarga. Di samping itu, ia tak lupa selalu mengingatkan akan bahaya narkoba. Imbauan ini, menurutnya sangat penting disampaikan, terlebih keluarga memiliki peran yang cukup besar dalam menanggulangi persoalan ini.
"Kalau keluaraga atau anak-anak kita sudah terjerat narkoba, maka akan rusak masa depannya," katanya.

Ia memaparkan, PKH di Ketapang telah ada sejak tahun 2014 lalu, dengan wilayah yang dijangkau yakni 18 kecamatan, dan hingga sekarang bantuan PKH sudah menjangkau 20 kecamatan.
Merujuk keputusan Dirjend Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, sistem penyaluran yang sebelumnya melalui Kantor Pos, kini diubah ke Bank BRI. Ini berlaku juga untuk penyaluran di Kabupaten Ketapang.

 Sebelumnya, bantuan yang diterima warga bervariasi, dihitung berdasarkan jumlah kompenen yang dimiliki oleh peserta PKH. Kini jumlah besaran bantuan PKH telah teritegrasi, sehingga bantuan yang diterima jumlahnya sama dan disalurkan dalam empat tahap pengambilan bantuan yaitu, tahap I - III masing masing sebesar Rp500 ribu, dan tahap IV sebesar Rp390 ribu.

Dalam jangka pendek, Martin mengatakan, program keluarga harapan bertujuan untuk mengurangi beban keluarga miskin, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban pengeluaran rumah tangga untuk memenuhi biaya pendidikan hingga pada tingkat sekolah lanjutan maupun biaya kesehatan.

"Sedang untuk jangka panjangnya, program ini bertujuan untuk memutus mata rantai kemiskinan antar generasi dan terjadinya peningkatan kualitas kesehatan serta pendidikan bagi penerima program keluarga harapan," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana,
Rustami, Pimpinan BRI Ketapang, Lurah dan Kepala Desa, Pendamping, serta warga penerima manfaat PKH. (teo/bob/PK)