Rabu, 18 September 2019


Kades Diminta Gunakan DD Sesuai Aturan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 465
Kades Diminta Gunakan DD Sesuai Aturan

DANA DESA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang menggelar Sosialisasi Pengawalan Pengamanan Implementasi Dana Desa (DD) di Aula Kantor Kejari Ketapang, Kamis (24/8). Kegiatan ini, dihadiri para Kepala Desa, Pemerintahan Desa, Inspektorat serta Badan Pengel

KETAPANG, SP - Kejaksaan berkomitmen mengawal implementasi penggunaan Dana Desa, dengan memaksimalkan peran Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Demikian dikatakan oleh Plh Kajari Ketapang, Agus Suroto saat membuka sosialisasi pengawalan pengamanan implementasi Dana Desa (DD) di Aula Kantor Kejari Ketapang, Kamis (24/8). Hadir dalam kegiatan tersebut para kepala desa, pemerintahan desa, inspektorat serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). "Kejaksaan akan mengawal dan mendamping langsung ke lapangan, serta membuat laporan secara berkala mengenai berapa persen pelaksanaan secara fisik dan berapa dana yang dicairkan, tujuannya untuk menghindari penyimpangan. Selain itu, agar anggaran yang ada terserap dengan maksimal," terangnya.  Agus Suroto mengatakan, sosialisasi yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, merupakan program Kejaksaan Agung yang sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi pengguna ADD maupun DD yang ada di Ketapang khususnya.

"Tujuan kegiatan ini, untuk mensosialisasikan penggunaan dana yang ada serta peran Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D-red) dalam melakukan pendampingan terhadap penggunaan dana desa," ungkapnya.

Pada sosialisasi ini, pihaknya menjelaskan peran TP4D, di antaranya dalam melakukan pendampingan dan pengawalan langsung ke lapangan.

Untuk pendampingan dan pengawalan dana desa di Kabupaten Ketapang, diakuinya memang belum ada, namun untuk pengawalan dan pendampingan pembangunan menggunakan APBD maupun proyek strategis nasional sudah dijalankan.

"Kami menunggu dari Pemerintah Desa atau Kades yang membuat surat pendampingan ke kami, jadi kalau besok atau lusa atau bulan depan ada, kami siap," tegasnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini, para Kades tidak segan meminta pendampingan dan pengawalan TP4D, yang mana tujuannya agar pelaksanaan pembangunan di Ketapang, khususnya menggunakan dana desa dapat berjalan lancar dan terserap dengan benar.

"Kalau sudah didampingi dan dikawal, tentu harapan kita tidak ada pembangunan yang tidak tepat sasaran," katanya.
(teo/bob)